get app
inews
Aa Read Next : Ini Dia, Jet Darat Formula E Gen3 yang akan tampil di Jakarta E-Prix 2023

Terkait Sponsorship Formula E Jakarta, Ini Alasan BUMN Tidak Ambil Peran

Jum'at, 03 Juni 2022 | 15:24 WIB
header img
Terungkap! Ini Alasan BUMN Tak Jadi Sponsor Ajang Formula E Jakarta. (Foto: MNC Media)

JAKARTA, iNewsSerpong.id – Ajang Formula E Jakarta 2022 memiliki sejumlah sponsor, namun tidak ada nama BUMN yang ikut serta di ajang Jakarta E-Prix 2022 atau Formula E. Hal ini klemudian menjadi sorotan, padahal hajatan otomotif ini membawa nama Indonesia. Ini penjelasan dari Kementerian BUMN.

Kementerian BUMN membeberkan proposal sponsorship yang diajukan panitia diserahkan hanya berselang satu bulan sebelum gelaran balap mobil listrik dunia ini dilaksanakan pada 4 Juni 2022.

Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga menyebut panitia Jakarta E-Prix 2022 memasukan proposal sponsorship ke perusahaan di bawah BUMN rata-rata sebulan sebelum ajang itu diselenggarakan. 

"Kementerian BUMN menerima informasi bahwa sebagian dari korporasi di bawah BUMN menerima proposal sponsorship dari Panitia Penyelenggara Jakarta E-Prix 2022 rata-rata sebulan sebelum even itu diselenggarakan," ungkap Arya kepada Wartawan, Jumat (3/6/2022). 

BUMN, lanjut Arya, akan mendukung kegiatan besar dan berskala internasional, harus memerlukan waktu yang panjang. Salah satunya, melakukan proses pengkajian sponsorship, termaasuk mengkaji kelayakan bisnis dan model kerja sama agar memenuhi prinsip Good Corporate Governance (GCG). 

Proses pengkajian ini bervariasi di antara BUMN sesuai dengan peraturan di tiap perusahaan. Arya mencatat, pada umumnya perusahaan pelat merah menerima proposal kegiatan besar berskala nasional dan internasional paling cepat tiga bulan sebelumnya atau bahkan setahun sebelumnya. 

Dengan demikian, ada waktu yang cukup untuk melakukan kajian sebelum mengambil keputusan yang didasari oleh aspek bisnis dan kontribusi nilai sosial BUMN kepada masyarakat.

"Kementerian BUMN pada prinsipnya mendukung semua inisiatif untuk memajukan pembangunan bangsa dan termasuk berbagai program industri pariwisata nasional, seperti even di MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, Lombok, berapa waktu lalu. Saat ini BUMN berkonsentrasi untuk mendukung perhelatan besar negara yaitu pertemuan G-20 di Bali, Oktober 2022 mendatang," tutur dia. 

Kementerian BUMN, kata Arya, juga menyesalkan adanya pernyataan-pernyataan negatif seolah-olah BUMN tidak mendukung kegiatan Formula-E tersebut. 

"Pernyataan itu tidak benar, karena tak ada kebijakan menghambat sponsorship bagi event yang dimaksud. Bahkan PT Indosat Tbk, dikenal sebagai Indosat Ooredoo Hutchison, yang sebagian sahamnya turut dimiliki BUMN, telah menjadi salah satu perusahaan yang mendukung acara tersebut," tutur Arya.(*)

 

Editor : A.R Bacho

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut