Logo Network
Network

Joseph Tsai, Chairman Baru Alibaba Sekaligus Tangan Kanan Jack Ma

Viola Triamanda
.
Senin, 26 Juni 2023 | 13:16 WIB

CHAIRMAN Baru Alibaba, Joseph Tsai menggantikan posisi Daniel Zhang. (Foto Alibaba)

BEIJING, iNewsSerpong.id - Posisi chairman atau ketua raksasa e-commerce China, Alibaba dijabat Joseph Tsai menggantikan posisi Daniel Zhang. Tsai juga salah seorang pendiri Alibaba.

Mengutip Forbes, pengangkatan Tsai diharapkan dapat menghidupkan kembali pertumbuhan Alibaba karena menghadapi persaingan yang meningkat di tengah pemulihan yang lamban pascapandemi Covid-19 di China.

Selain itu, Alibaba juga mengangkat Eddie Wu yang sebelumnya ketua unit e-commerce Taobao dan Tmall Group untuk menggantikan Zhang sebagai CEO pada September mendatang. 

Komputasi Awan Alibaba

Berdasarkan pengumuman Alibaba baru-baru ini, Zhang akan fokus memimpin bisnis komputasi awan Alibaba lantaran unit tersebut bersiap untuk melakukan penawaran umum perdana saham (IPO).

Aksi korporasi itu diperkirakan awal tahun depan. Analis Charlie Chai berpendapat, Tsai 'tangan kanan' alias orang kepercayaan Jack Ma kemung kinan menjalankan kepemimpinan sesuai strategi digariskan sang maestro. 

Sementara itu, Direktur Pelaksana Blue Lotus Capital Advisors yang berbasis di Shenzhen, Shawn Yang menyatakan bahwa Tsai juga akan mempertahankan pendekatan manajemen yang relatif lepas tangan, dan mungkin membiarkan manajer tingkat menengah membuat lebih banyak keputusannya sendiri.

Meski demikian, investor sepertinya masih memilih untuk menunggu dan melihat kinerja melalui saham Alibaba yang terdaftar di New York dan sempat turun 4,5 persen dalam semalam.

Tim Pendiri Alibaba

Sosok Joseph Tsai Joseph Tsai adalah anggota tim pendiri Alibaba setelah mengundurkan diri dari pekerjaannya di perusahaan investasi swasta yang berbasis di Hong Kong, Investor AB, untuk bergabung dengan perusahaan e-commerce di Hangzhou pada 1999 selama sebulan.

Setelah itu, dia menjadi chief financial officer, hingga 2013. Kemudian dia menjabat sebagai wakil ketua eksekutif, yang sebagian bertanggung jawab atas aktivitas pembiayaan dan investasi strategis raksasa e-commerce itu.

Pria kelahiran Taiwan yang memegang paspor Kanada ini juga telah mendiversifikasi kekayaannya, dengan rencana untuk menjual saham Alibaba senilai sekitar 260 juta dolar AS, yang diungkapkan ke pasar menjelang akhir 2022.

Saat ini, Tsai masih mendapatkan sebagian dari kekayaan bersihnya senilai 7,7 miliar dolar AS dari 1,3 persen saham di Alibaba. Namun, dia juga membangun perusahaan olahraga dan hiburan.

Tsai mengambil kendali penuh atas Brooklyn Nets dalam kesepakatan senilai 2,35 miliar dolar AS pada 2019 setelah pertama kali mengakuisisi 49 persen saham dari miliarder Rusia Mikhail Prokhorov dua tahun sebelumnya. 

Waralaba olahraga lainnya, termasuk kepemilikan New York Liberty dari Women’s National Basketball Association, dan dua tim lacrosse, San Diego Seals dan Las Vegas Desert Dogs.

Pada masa mudanya, Joseph Tsai bermain sepak bola dan lacrosse di sekolah elit Lawrenceville di New Jersey, sebelum diterima di Universitas Yale.

Tsai, yang meraih gelar sarjana di bidang ekonomi dan Studi Asia Timur dari Yale College dan gelar doktor hukum dari Yale Law School, juga bermain untuk tim lacrosse universitas.  

Pengalaman awal kariernya, adalah sebagai pengacara rekanan di firma hukum Sullivan & Cromwell LLP yang berbasis di New York. Selain itu, penasihat umum firma Rosecliff, Inc. yang berbasis di New York. 

Blue Pool Capital

Saat ini, sebagian besar kekayaannya dikelola melalui kantor keluarganya yang berbasis di Hong Kong, Blue Pool Capital, yang memegang saham, investasi modal ventura, dan aset olahraga Tsai.

Perusahaan tersebut juga muncul pada 2021 sebagai pembeli penthouse New York yang sebelumnya dimiliki oleh miliarder dana lindung nilai Dan Och, dengan harga 188 juta dolar AS.

Sementara itu, menurut South China Morning Post, Blue Pool adalah salah satu pendukung bursa kripto FTX yang telah bangkrut. Tsai juga telah melakukan investasi blockchain lain dan terkait kripto, termasuk saham di perusahaan Web3 Artifact Labs dan pertukaran blockchain Aver melalui Blue Pool. (*)


Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Mengenal Sosok Chairman Baru Alibaba Joseph Tsai, Tangan Kanan Jack Ma ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/finance/bisnis/mengenal-sosok-chairman-baru-alibaba-joseph-tsai-tangan-kanan-jack-ma/all.


Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps
 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News

Bagikan Artikel Ini