Logo Network
Network

Sungguh Unik, Kotoran Sapi Bisa jadi Bahan Bakar Mobil, Tampil di Japan Mobility Show 2023

Dani M Dahwilani
.
Senin, 30 Oktober 2023 | 05:03 WIB

Di tengah maraknya kendaraan listrik dan autonomus, hadir mobil berbahan bakar Compressed Bimothane Gas (CBG), Suzuki Wagon R di JMS 2023. (Foto : iNews.id)

TOKYO, iNewsSerpong.id - Deretan kendaraan berteknologi mutakhir hadir di Japan Mobility Show 2023. Di antaranya, mobil berbahan bakar Compressed Bimothane Gas (CBG), Suzuki Wagon R.

Suzuki Wagon R bertenaga gas biomethana ini dikembangkan di pusat R&D Maruti Suzuki India pada 2022. Wagon R CBG kemudian diperkenalkan di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 Hiroshima, Jepang, pada Mei 2023. 

Suzuki Wagon R CBG dibangun bersama Wagon R Flex Fuel untuk membantu mengurangi emisi karbon. Suzuki tidak hanya mengandalkan kendaraan listrik tetapi juga mobil bahan bakar alternatif seperti hybrid, CNG dan CBG.

Dari Limbah Pertanian

CBG diperoleh dari penguraian bahan organik, seperti limbah pertanian dan kotoran sapi. Untuk menghasilkan CBG, biogas yang berasal dari proses dekomposisi harus mengalami pemurnian lebih lanjut untuk menurunkan jumlah karbon dioksida.

Proses ini juga meningkatkan jumlah metana dalam gas, sehingga cocok untuk menggerakkan mesin pembakaran internal. Mobil tersebut kembali diperkenalan Suzuki Motor Corp di Japan Mobility Show 2023.

Adapun pada event yang sebelumnya bernama Tokyo Motor Show ini, Suzuki total memboyong enam mobil konsep. Apa sajakah itu? Masing-masing dua unit kendaraan listrik (Electric Vehicle/EV), yaitu eVX dan eWX, satu unit Battery Electric Vehicle (BEV), serta tiga unit mobil penumpang terbaru, yaitu Spacia Concept dan unit customnya serta Swift Concept.

"Kami akan bekerja untuk mewujudkan netralitas karbon melalui berbagai jalan, termasuk EV (kendaraan listrik) tentunya, tetapi juga CNG (compressed natural gas), CBG (compressed bio gas) dan hidrogen," ujar Representative Director dan Presiden Direktur, Toshihiro Suzuki saat Press Day di JMS 2023, Rabu (25/10/2023). (*)


Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Unik, Ada Mobil Berbahan Bakar Kotoran Sapi di Japan Mobility Show 2023 ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/otomotif/mobil/unik-ada-mobil-berbahan-bakar-kotoran-sapi-di-japan-mobility-show-2023/all.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.