Logo Network
Network

Tesla Cybertruck Miliki 5 Fitur Unik, Nomor 4 Jarang Ditemukan di Mobil Lain

Wasis Wibowo
.
Rabu, 06 Desember 2023 | 05:00 WIB

CEO Tesla Elon Musk menyatakan Cybertruck kemungkinan merupakan kendaraan Tesla terbaik, meskipun beberapa pengamat kendaraan Listrik (EV) menyampaikan sejumlah kekecewaan (Foto: Teslarati/Tesla)

TEXAS, iNewsSerpong.id - Tesla Cybertruck mungkin merupakan salah satu kendaraan terbaik dari Tesla. Demikian dikatakan CEO Tesla, Elon Musk. Namun sejumlah pengamat kendaraan listrik (EV) menyatakan kekecewaan mereka.

Ada beberapa aspek yang dinilai kurang memuaskan, seperti dimensinya yang lebih kecil, jangkauan yang terbatas, dan harganya yang cukup tinggi. Namun, hal ini tidak mengurangi sepenuhnya kesuksesan produksi Cybertruck.

Justru, terdapat fitur-fitur menarik yang menjadikan Cybertruck lebih dari sekadar truk biasa. Berikut adalah 5 fitur unik dari Tesla Cybertruck yang diambil dari laman Teslarati, Minggu (3/12/2023).

1. Steer-by-Wire Cybertruck

Menggunakan desain kemudi yang berbeda dari yang biasa kita kenal. Menggunakan kuk bundar yang menggabungkan elemen dari Model S dan Model X Plaid, bukan roda kemudi konvensional.

Salah satu fitur utama adalah penggunaan sistem steer-by-wire. Kemampuan ini membuat Cybertruck sangat lincah dan mudah untuk manuver.

2. Power Gate

Meskipun lebih kecil dari prototipe awalnya, Cybertruck tetap menjadi kendaraan besar yang terbuat dari baja tahan karat.

Salah satu fitur utamanya adalah sistem penggerak yang disebut Powergate. Sistem ini menampilkan pencahayaan LED terpanjang pada kendaraan penumpang di seluruh dunia.

3. Beast Mode

Cybertruck merupakan kendaraan andalan Tesla dengan mode kinerja tinggi yang disebut Beast Mode.

Mode ini menggunakan unit penggerak belakang dengan mesin induksi ganda, vektor torsi aktif, dan diferensial penguncian depan elektro-mekanis yang menghasilkan daya sebesar 845 HP.

Dengan Beast Mode, Cybertruck bisa mencapai kecepatan 0-60 mph atau 0-100 km per jam dalam 2,6 detik.

 4. Kemudi Roda Belakang

Selain sistem steer-by-wire, Cybertruck juga dilengkapi dengan kemudi roda belakang. Hal ini memungkinkan truk pikap listrik berbahan baku baja tahan karat ini untuk memiliki radius putar yang lebih baik daripada sedan Model S, meskipun ukurannya lebih besar.

5. Perluasan Jarak Tempuh

Sebagai kendaraan yang besar, Cybertruck membutuhkan baterai yang cukup besar untuk mencapai jarak tempuh yang diinginkan.

Untuk itu, Tesla menawarkan opsi perluasan jarak tempuh sekitar 130 mil (210 km) untuk Cybertruck Dual Motor dan tambahan sekitar 120 mil (193 km) untuk Cyberbeast.

Tentu saja, perluasan ini memerlukan baterai ekstra, dan Tesla memproduksi versi Dual Motor dan Cyberbeast dengan baterai 123 kWh yang sesuai dengan kebutuhan kendaraan sebesar itu. (*)

 

Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com pada Minggu, 03 Desember 2023 - 13:59 WIB oleh Wasis Wibowo dengan judul "5 Fitur Unik Tesla Cybertruck, Nomor 4 Jarang Ditemukan di Mobil Lain".

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News

Bagikan Artikel Ini