Siapa Shinzo Abe, Perdana Menteri Jepang Terlama Meninggal Ditembak

Berlianto
Mantan perdana menteri Jepang Shinzo Abe meninggal setelah ditembak dengan senjata rakitan, Jumat (8/7/2022). Foto/Ilustrasi

Abe kembali berkuasa secara menakjubkan pada tahun 2012, dengan untuk pertama kalinya mengalahkan saingan partainya Shigeru Ishiba pada bulan September untuk merebut kembali kepemimpinan LDP, dan kemudian memimpin partai tersebut menjadi mayoritas pada bulan Desember pada saat itu.

Mempunyai motto "politik menuntut hasil," Abe sukses membangkitkan perekonomian dan bisnis Jepang. Kebijakannya pun disebut sebagai Abenomics. Kebijakannya menunjukkan hasil ketika "program stimulus moneter agresif Bank of Japan menekan yen terhadap mata uang utama lainnya, dan menaikkan pendapatan perusahaan besar dan harga saham."

Ia terkenal karena sikapnya yang hawkish terhadap China karena ia telah berjanji untuk mengubah Konstitusi pasifis Jepang untuk memungkinkan militer penuh. Masa jabatannya juga hubungan bilateral dengan Korea Selatan mencapai titik terendah atas masalah eksploitasi seksual masa perang.

Abe juga menjadi aktor utama dalam strategi Indo Pasifik AS yang terwujud dalam aliansi keamanan Quad bersama Australia dan India. Pada saat ia mengundurkan diri karena sakit pada Agustus 2020, Abe telah menjadi perdana menteri terlama pada era Jepang modern.

Masa jabatannya melebihi kakeknya Nobusuke Kishi, yang memimpin Jepang dari tahun 1957 hingga 1960; ayahnya, Shintaro Abe, juga menjabat sebagai kepala sekretaris kabinet, yang sering dianggap sebagai posisi paling kuat kedua di negara itu.

Pada tahun-tahun setelah dia meninggalkan jabatannya, Abe menjadi kritikus yang sangat vokal terhadap agresi Beijing yang berkembang di kawasan Indo-Pasifik. Tahun ini, Abe mendesak Amerika Serikat untuk meninggalkan kebijakan ambiguitas strategisnya terhadap Taiwan dan berkomitmen untuk mempertahankan pulau yang memiliki pemerintahan sendiri jika terjadi serangan China.

Abe juga secara khusus memupuk persahabatan dekat dengan Presiden Donald Trump ketika keduanya menjabat. Dia adalah pemimpin asing pertama yang bertemu Trump setelah terpilih pada 2016 dan menggelar karpet merah selama kunjungan kenegaraan presiden 2019 ke Jepang. (*)

Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com pada Jum'at, 08 Juli 2022 - 18:39 WIB oleh Berlianto dengan judul "Siapa Shinzo Abe, Perdana Menteri Jepang Terlama yang Meninggal Ditembak | Halaman 2". Untuk selengkapnya kunjungi:
https://international.sindonews.com/read/821301/177/siapa-shinzo-abe-perdana-menteri-jepang-terlama-yang-meninggal-ditembak-1657278464/10

Editor : Syahrir Rasyid

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network