8 Sekolah Swasta Mahal Di Jakarta, Ada Yang Biayanya Capai Ratusan Juta!

Almas Taqiyya
Sekolah Swasta Mahal di Jakarta (Foto: Ist)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Ada beberapa pilihan tempat menimba ilmu di Indonesia, misalnya sekolah negeri atau swasta. Semua tergantung dengan selera dan keputusan orang tua untuk memilih yang mana.

Namun, tahukah kamu bahwa ternyata ada sekolah swasta mahal di Jakarta? Dalam lembaga pendidikan, seseorang dapat menimba ilmu, menemukan jati diri, hingga bersosialisasi dengan teman sebaya dan dapat membentuk karakter seorang anak.

Oleh karena itu, tak ragu orang tua mencari sekolah yang bagus demi menjamin karakter anak menjadi seseorang yang baik. Sejumlah sekolah pun akhirnya mematok biaya pendidikan yang besar demi memastikan anak mendapat pilihan yang terbaik.

Berikut informasi terkait sekolah swasta mahal di Indonesia.

Sekolah Swasta Mahal di Jakarta

  • Jakarta Intercultural School

Jakarta Intercultural School (JIS) dikenal sebagai salah satu sekolah dengan biaya yan mahal di Indonesia. Namun, harga ini sebanding dengan kualitas pendidikannya yang didapatkan karena para siswanya akan mendapatkan kurikulum internasional, seperti program International Baccalaureate (IB®) diploma dan Advanced Placement (AP®).

Untuk bisa menimba ilmu di sekolah internasional ini, biaya pendidikan yang harus disiapkan bisa mencapai Rp496,5 juta per tahun. Total biaya tersebut terdiri dari uang masuk sebesar Rp22 juta per tahun, uang pendaftaran Rp5.000.000, uang pengembangan sekolah Rp54,6 juta per tahun dan uang sekolah sebesar Rp419 juta per tahun.

Orang tua juga harus menyiapkan biaya tambahan untuk kegiatan sekolah, seperti LEAD Week, perjalanan terkait mata pelajaran tertentu, international sporting and cultural trips, ujian IB dan AP, kelulusan, instrumen musik, dan lain-lain.  Selain itu, ada juga sarana transportasi sekolah yang biayanya mencapai Rp72,8 juta.

  • British School Jakarta

Mutu pendidikan yang disediakan British School Jakarta sudah tidak perlu diragukan lagi. Sekolah internasional ini didirikan di bawah perlindungan Kedutaan Besar Britania Raya pada tahun 1973 di Jakarta.

Kualitas pendidikan British School Jakarta sebanding dengan biaya pendidikan yang harus dikeluarkan orang tua, yaitu sekitar Rp300 juta per tahunnya. Biaya tersebut sudah termasuk biaya pendaftaran sebesar Rp4.000.000.

Kemudian, bila siswa diterima, orang tua wajib membayar uang jaminan sebesar Rp30 juta. Terdapat juga uang pendaftaran siswa baru kelas 12 dan 13 untuk program International Baccalaureate (IB) sebesar Rp30 juta. Sementara, uang pembangunan untuk kelas 11-13 mencapai Rp55 juta per tahun.

Biaya sekolah berbeda di setiap tingkatan, rata-rata mulai dari Rp291 juta per tahun hingga Rp353 juta per tahunnya. Namun, biaya tersebut bisa diangsur atau dibayar lunas sekaligus.

  • New Zealand School Jakarta

Sekolah yang berlokasi di Jakarta Selatan ini mengadopsi kurikulum dari Selandia Baru atau New Zealand Curriculum (NZC). Selandia Baru merupakan salah satu negara yang terkenal dengan kualitas pendidikannya sehingga tidak perlu diragukan lagi.

Para siswa di sekolah ini akan dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp4.000.000 di tingkat awal dan Rp5.000.000 untuk siswa tingkat sekolah dasar dan menengah. Kemudian, ada juga biaya per tahun yang besarannya berbeda-beda tergantung jenjangnya.

Misalnya, untuk tingkat playgroup dikenakan biaya Rp48,7 juta per tahunnya. Sedangkan tingkat menengah mencapai Rp199,4 juta per tahun. Namun, biaya tersebut belum termasuk tambahan seperti bus sekolah, katering atau kantin, seragam, ekstrakurikuler, dan biaya ujian untuk siswa SMP.

  • Binus International School Simprug

Binus International School Simprug merupakan sekolah internasional yang berlokasi di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Sekolah ini menerapkan kurikulum International Baccalaureate (IB) dan juga kurikulum nasional yang telah disesuaikan.

Biaya sekolah di Binus International School Simprug terbilang cukup fantastis. Biaya pendidikan berbeda-beda setiap tingkatan, namun terdapat uang pangkal sebesar Rp144 juta dan uang sekolah sekitar Rp540 juta per tahun.

  • Sekolah Cikal

Sekolah Cikal merupakan sekolah yang didirikan oleh putri Quraish Shihab, yakni Najelaa Shihab. Najelaa Shihab dikenal sebagai seorang pendidik dan mempunyai gelar di bidang psikologi.

Sekolah Cikal menerapkan kurikulum International Baccalaureate (IB). Sedangkan untuk biayanya, terdapat biaya masuk atau uang pangkal, misalnya untuk tingkat SD dikenakan sebesar Rp104,3 juta.

Kemudian untuk SPP, setiap siswa dikenakan biaya Rp6.000.000 per bulan. Terdapat diskon bagi yang membayar setiap tiga bulan sebesar Rp17,4 juta atau sekaligus satu tahun sebesar Rp65,8 juta.

  • Labschool Jakarta

Labschool Jakarta merupakan salah satu sekolah swasta mahal di Indonesia yang menawarkan pendidikan dengan kualitas tinggi. Sekolah yang beralamat di Jl KH. Ahmad Dahlan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan ini mempunyai sejumlah cabang di kota-kota besar. 

Selain itu, Labschool diketahui menghadirkan pembelajaran dari tingkat KB-TB, hingga SD, SMP dan SMA. Namun, dari jenjang tersebut yang paling terkenal dari sekolah ini adalah SMA-nya.

Lembaga pendidikan yang berdomisili di Jakarta Selatan ini beroperasi langsung di bawah naungan Yayasan Pembina Universitas Negeri Jakarta. Sehingga, sudah tidak perlu diragukan lagi kualitas, mutu pendidikan serta visi dan misinya.

Selain membekali muridnya dengan pelajaran layaknya di sekolah lain, Labschool juga mendidik siswa dan siswinya untuk menjadi lulusan yang pekerja keras, berbudi pekerti, jujur, dan sukses di masa depan.

Fasilitas yang ditawarkan Labschool Jakarta juga tidak main-main, misalnya ada laboratorium (komputer, biologi, kimia, dan bahasa), ruang kelas ber-AC, ruang seni rupa, musik, tari, perpustakaan, multimedia center, green house, serta masjid dan kapel untuk beribadah.

Terkait rincian biaya, Labschool Jakarta juga dikenal dengan salah satu sekolah yang memiliki biaya pendidikan yang cukup mahal. Biaya pendaftaran dimulai dari Rp300.000. Kemudian, terdapat uang pangkal yang berbeda tergantung jalur yang dipilih, mulai dari Rp32 juta hingga Rp34 juta.

Tak cuma itu, sebagai sekolah swasta mahal di Indonesia, uang SPP atau sumbangan pelaksanaan pendidikan di Labschool Jakarta dipatok dari harga Rp1.750.000 untuk SMA kelas 1, 2 dan 3.

  • Sekolah Islam Al Azhar

Sejak dulu, Sekolah Islam Al Azhar merupakan salah satu sekolah swasta pilihan favorit untuk siswa dan siswi di Jakarta, bahkan dari luar Jakarta. Sekolah swasta prestisius ini terletak di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, dan di beberapa lokasi yang tersebar di Jakarta dan kota-kota lainnya.

Al Azhar menyediakan berbagai jenjang pendidikan, mulai dari TK, SD, SMP hingga SMA. Untuk jenjang SMA, sekolah yang dikelola oleh Yayasan Pesantren Islam Al-Azhar ini menjadi salah satu SMA favorit di Jakarta.

Selain menghadirkan pembelajaran tingkat TK, SD, SMP dan SMA, Al Azhar juga mempunyai kampus swasta dengan nama yang sama lho, yakni Universitas Al Azhar Indonesia yang berlokasi di Jakarta.

Pembelajaran di Al Azhar menggunakan kurikulum nasional yang dilengkapi dengan ilmu agama. Ilmu agama Islam disesuaikan dengan kurikulum nasional agar membentuk lulusan yang mampu bersaing dengan berpegang teguh terhadap agama sekaligus mampu mengamalkan ibadah di kesehariannya.

Sepadan dengan kurikulum pendidikan terbaik dan lulusan yang dapat bersaing, Al Azhar juga menetapkan biaya pendidikan yang cukup mahal. Sebagai salah satu sekolah swasta mahal di Indonesia, Al Azhar mematok uang pendaftaran seharga Rp350.000.

Kemudian, terdapat biaya psikotes dan tes kesehatan apabila ingin mendaftar Al Azhar dengan harga Rp350.000. Al Azhar juga memungut biaya uang pangkal yang tidak sedikit, yaitu Rp20 juta. Sedangkan untuk biaya SPP atau sumbangan pelaksanaan pendidikan dibebankan per bulannya dengan harga Rp1.200.000.

Biaya ini tampaknya sepadan dengan fasilitas lengkap yang ditawarkan sekolah Al Azhar Jakarta. Di antaranya adalah kelas dengan full AC, laboratorium lengkap, lapangan dan fasilitas lainnya untuk mendukung pembelajaran.

  • Madina Islamic School

Sekolah swasta mahal di Indonesia yang terakhir ada Madina Islamic School. Sekolah yang berlokasi di Tebet, Jakarta Selatan ini memiliki jenjang pendidikan dari TK hingga SMA.

Madina Islamic School mempunyai kurikulum berbasis Islam yang dipadukan dengan kurikulum untuk mengasah keterampilan siswa. Sekolah swasta ini juga dilengkapi dengan beragam fasilitas, seperti lapangan, laboratorium sains, dan lain sebagainya.

Fasilitas yang mumpuni dengan sistem pendidikan Islam yang baik juga membuat biaya di Madina Islamic School tidak murah. Untuk jenjang SMP, perkiraan biaya yang harus dikeluarkan lebih dari Rp20 juta. Terdapat biaya Rp350.000 untuk uang pendaftaran, uang pangkal senilai Rp22,6 juta, dan SPP tiap bulannya senilai Rp2.600.000. (*)

Editor : Syahrir Rasyid

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network