Shin Tae-yong Pening, Timnas Indonesia Kekurangan Striker Lokal yang Berkualitas

Ilham Sigit
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong punya trik cara mengakali kurangnya persediaan striker lokal berkualitas. (Foto : PSSI) 

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Kurangnya persediaan striker lokal berkualitas membuat pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong cari strategi yang tepat. Juru taktik asal Korea Selatan itu menerapkan strategi tanpa penyerang murni yang mirip dengan apa yang dilakukan Pep Guardiola bersama Manchester City.

Shin Tae-yong mengatakan kurang bomber lokal berkualitas membuat dia berpikir untuk mengusung strategi tanpa penyerang murni. Mantan pelatih Timnas Korea Selatan itu juga mengatakan bahwa dia ingin pemain-pemain depannya aktif bergerak di daerah lawan.

Sekilas pernyataan Shin Tae-yong tersebut mirip dengan apa yang sudah dilakukan pelatih-pelatih top di Eropa seperti Pep Guardiola atau Erik ten Hag. Bersama Manchester City, Guardiola kerap bermain tanpa penyerang murni pada musim 2020/2021.

Sedangkan pelatih Manchester United, Erik Ten Hag, sempat mengatakan ingin pemain-pemain depannya aktif menekan di daerah lawan.

Sebagaimana diketahui, stok penyerang berkualitas masih menjadi masalah serius Timnas Indonesia. Pada Piala AFF U-19 2022 silam. Shin Tae-yong bahkan sampai meminta rekomendasi penyerang berkualitas kepada publik sepak bola Indonesia.

Shin Tae-yong kemudian kerap mengakali hal tersebut dengan bermain tanpa penyerang murni. Sebagai contoh, pada SEA Games 2021 silam, Shin Tae-yong kerap memasang Irfan Jauhari dan Ronaldo Kwateh yang berposisi natural sebagai sayap di posisi penyerang tengah.

Editor : Syahrir Rasyid

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network