JAKARTA,iNewsSerpong.id - Bisnis susu segar emiten PT Cisarua Mountain Diary Tbk (CMRY) membukukan laba bersih sebesar Rp878,56 miliar di kuartal III-2022.
Mengutip laporan keuangan, perolehan tersebut naik 45,10% dari periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp605,47 miliar. Sejalan dengan pertumbuhan laba, penjualan bersih perseroan juga meningkat 75,90% di kuartal III 2022.
"Angka penjualan CMRY tercatat sebesar Rp4,75 triliun, naik dari sebelumnya yang sebesar Rp2,70 triliun," seperti dikutip Senin (31/10/2022).
Berdasarkan jenis produknya, segmen produk olahan susu mencatatkan penjualan sebesar Rp2,70 triliun, dan produk makanan konsumsi tercatat sebesar Rp2,05 triliun.
Sementara, berdasarkan pasar geografisnya, penjualan di pasar dalam negeri tercatat sebesar Rp4,72 triliun, sedagkan penjualan pasar ekspor sebesar Rp29,36 miliar.
Dari sisi pengeluaran, beban pokok penjualan tercatat sebesar Rp2,73 triliun. Kemudian, beban penjualan dan pemasaran sebesar Rp875,84 miliar, serta beban umum dan administrasi yang tercatat sebesar Rp93,21 miliar.
Total nilai aset perseroan hingga kuartal III 2022 tercatat sebesar Rp5,87 triliun, naik 4,8% dari akhir Desember 2021 yang sebesar Rp5,60 triliun. Adapun, liabilitas perseroan sebesar Rp798,11 miliar dan ekuitas sebesar Rp5,07 triliun.
Perseroan berkomitmen untuk terus mencatatkan pertumbuhan sebesar 25%-30% setiap tahunnya. Selain itu, CMRY juga fokus untuk tumbuh secara berkelanjutan di masa depan.
Dalam 1-2 tahun ke depan, perseroan masih akan tetap melakukan penetrasi pasar domestik, di mana CMRY telah memiliki channel-channel seperti channel general trade, modern trade, maupun miss cimory yang merupakan channel ekslusif perseroan.
Tak hanya itu, perseroan juga meyakini adanya potensi yang masih sangat besar di dalam negeri, baik di Jawa, maupun di luar Jawa seperti Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, Papua dan pulau-pulau lainnya.(*)
Editor : A.R Bacho
Artikel Terkait