Teriakan “Daehan Min-guk” Penyemangat Pemain Timnas Korsel Hadapi Portugal

Abdul Haris
Suporter Timnas Korea Selatan di stadiun. (Foto: MPI/Abdul Haris)

DOHA, iNews.Serpong.id – Suporter Timnas Korea Selatan (Korsel) tak henti meneriakkan kalimat “Daehan Min-guk” saat menghadapi Timnas Portugal pada laga terakhir Grup H Piala Dunia 2022 di Stadion Education City, Doha, Qatar, Jumat (2/12/2022). Kalimat itu terus terdengar di dalam stadion tanpa henti.

Teriakan di luar lapangan itu menjadi penyemangat Son Heung-min dan kawan-kawan yang berlaga di tengah lapangan. Mereka seakan kesetanan, tak pernah berhenti mengejar bola untuk menciptakan gol di gawang lawan.

Di laga itu, Taeguk Warriors—julukan Timnas Korsel— sempat tertinggal satu gol, dicetak oleh Ricardo Horta pada menit kelima. Semangat pantang menyerah membuahkan hasil. Kim Young-gwon menggetarkan gawang Portugal di menit 27. Hwang Hee-chan menjadi penentu kemenangan menjelang akhir pertandingan. Hwang mencetak gol di menit 90+1.

Hasil ini mengantarkan Timnas Korea Selatan ke 16 besar Piala Dunia 2022. Meski di laga lain Uruguay menang 2-0 atas Ghana dan poin Korsel bersama dan Uruguay sama-sama 4, tetapi Taeguk Warriors finis kedua Grup H di bawah Portugal karena unggul produktivitas gol.  

Di balik semua itu, teriakan para suporterlah yang membuat Taeguk Warriors tampil kesetanan. Sepanjang laga, para fans tak henti memberi dukungan. “Daehan Min-guk, Daehan Min-guk, Daehan Min-guk,” teriak para fans Timnas Korea Selatan di dalam stadion tanpa henti. Semangat mereka terekam jelas karena MNC Portal Indonesia duduk di tribune membaur dengan mereka.

Lalu, arti Daehan Min-guk? Dalam Bahasa Korea, Korea Selatan disebut Daehan Min-guk yang secara harfiah berarti “bangsa orang-orang hebat”. Jika disingkat maka akan menjadi “Hanguk” atau “Bangsa Han”, biasanya mengacu pada Korea secara keseluruhan. Atau “Namhan” berarti Han Selatan merujuk pada Korea Selatan secara khusus. Korea Utara menyebut Korea Selatan sebagai “Namjoson’. 

Teriakan “Daehan Min-guk” itulah yang terus melecut motivasi Taeguk Warriors di lapangan. Kemenangan pun mereka raih. Dengan hasil itu, Korea Selatan menjadi negara Asia ketiga yang melaju ke fase knock-out Piala Dunia 2022 menyusul Australia dan Jepang. (*)

Editor : Burhan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network