Warga China Pernah Marah Besar, Dipicu Dua Iklan Mobil Mewah

Wahyu Sibarani
Iklan mobil Audi China pada 2017 membuat masyarakat China marah besar. Pasalnya perempuan China diasosiasikan seperti mobil bekas. (Foto : Ist)

Peristiwa itu ternyata tidak jadi pelajaran buat pabrikan mobil lainnya. Baru-baru ini cerita kedua kekecewaan masyarakat China pada iklan otomotif melibatkan mobil mewah Mercedes-Benz.

Seperti disebutkan di awal, masyarakat China ngamuk ke Mercedes-Benz karena iklan yang mereka buat, di akun resmi Mercedes-Benz Weibo, seolah-olah mengeksploitasi mata sipit.

Akibat kegaduhan itu mereka langsung mencopot iklan kontroversial tersebut. Keributan bermula ketika Mercedes-Benz mengunggah iklan terbaru mereka di akun resmi Mercedes-Benz yang ada di sosial media terbesar di China, Weibo.

Iklan itu memperlihatkan beberapa mobil buatan Mercedes-Benz serta seorang model bernama Cai Niang Niang. Hanya saja beberapa saat setelah beredar, iklan itu langsung menuai kecaman.

Jutaan pengguna Weibo merasa tersinggung karena menganggap Mercedes-Benz seolah-olah mengekspoitasi model itu dengan membuat matanya seolah-olah menjadi lebih sipit.

"Riasan model wanita tampak seperti mata sipit. Banyak yang menyalahkan bahwa riasan tersebut mencerminkan stereotip Barat tentang orang Asia," tulis media berpengaruh China, Global Times.

Akibat kontroversi itu Mercedes-Benz langsung mencopot iklan itu dari sosial media Weibo. Hanya saja perwakilan Mercedes-Benz di China, Martin Sauber dan Juan Zhou belum memberikan pernyataan resmi mengenai kontroversi itu. (*)

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network