Dewi Kam, Pengusaha Tambang Batu Bara, Perempuan Terkaya di Indonesia

Viola Triamanda
Low Tuck Kwong, orang terkaya di Indonesia saat ini.

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Dalam daftar 10 orang terkaya di Indonesia versi Real Time Billionaores Forbes, ada satu perempuan. Dia adalah pengusaha tambang batu bara, Dewi Kam

Sementara di posisi pertama masih ditempati raja batu bara Low Tuck Kwong. Sedangkan posisi kedua dan ketiga, ada Hartono bersaudara, yakni Robert Budi Hartono dan Michael Hartono.

Orang Terkaya di Indonesia

Berikut ini daftar 7 orang terkaya Indonesia menurut Real Time Billionaires Forbes:

1. Low Tuck Kwong

Pendiri Bayan Resources ini berada di posisi puncak orang terkaya di Indonesia. Selain Bayan, dia juga mengendalikan perusahaan energi terbarukan Singapura Metis Energy serta kepentingan di The Farrer Park Company, Samindo Resources, dan Voksel Electric.

Adapun kekayaan pengusaha 75 tahun ini sebesar 30,4 miliar dolar AS atau setara Rp448,3 triliun. 

2. R. Budi Hartono

Pria yang memiliki nama asli Oei Hwie Tjhong ini, memiliki kekayaan sebesar 27 miliar dolar AS atau setara Rp398,2 triliun. Kekayaannya sebagian besar didapat dari investasi di PT Bank Central Asia Tbk (BCA).

Selain itu, dari usaha rokok PT Djarum, yang merupakan salah satu produsen rokok kretek terbesar di Indonesia. Pengusaha 82 tahun ini juga pemilik raksasa e-commerce Blibli. 

3. Michael Bambang Hartono

Michael Bambang Hartono atau Michael Hartoni adalah kakak dari R. Budi Hartono. Pengusaha berusia 83 tahun ini memiliki kekayaan bersih sebesar 25,8 miliar atau setara Rp380,5 triliun. 

Sama dengan sang adik, dia mendapat kekayaan sebagian besar dari kepemilikan saham di BCA. Selain itu, Djarum, dan Blibli.

4. Sri Prakash Lohia

Sri Prakash Lohia menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia berkat Indorama Corporation, yakni perusahaan benang pintal yang didirikannya bersama sang ayah pada 1976. Grup perusahaan tersebut berkembang menjadi bergerak di bidang pembangkit listrik petrokimia, dan membuat produk industri seperti pupupk, poliolefin, bahan mentah tekstil, dan sarung tangan medis. 

Adapun kekayaan bersih pengusaha 70 tahun yang menetap di London ini sebesar 7,4 miliar dolar AS atau Rp109,14 triliun. 

5. Lim Hariyanto Wijaya Sarwono

Pengusaha perkebunan kelapa sawit melalui bendera Bumitama Agri yang tercatat sebagai emiten di Singapura ini memiliki kekayaan bersih 6,2 miliar atau setara Rp91,44 triliun.

Lim bersama mitranya yang berasal dari China juga membentuk grup Harita, pemilik smelter nikel di Halmahera, Maluku Utara. Grup Harita juga memiliki mayoritas perusahaan tambang bauksit yang terdaftar, Cita Mineral Investindo. 

Pengusaha berusia 94 tahun dan tertua dalam daftar ini juga memiliki perusahaan pemrosesan nikel terintegrasi, PT Trimegah Bangun Persada Tbk, yang baru saja mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kode NCKL. 

6. Prajogo Pangestu

Pendiri Barito Pasific dan pemilik perusahaan petrokimia Chandra Asri ini berada di peringkat enam orang terkaya di Indonesia. Dia memiliki kekayaan bersih mencapai 6,1 miliar atau sekitar Rp89,96 triliun. 

Pengusaha 78 tahun ini juga pemilik perusahaan penambang batu bara, Patrindo Jaya Kreasi. 

7. Dewi Kam

Dewi Kam perempuan terkaya di Indonesia, dengan kekayaan sebesar 4,9 miliar dolar AS atau setara Rp72,27 triliun. Kekayaannya berasal dari bisnis tambang. 

Pengusaha berusia 72 tahun ini mendapatkan sebagian besar kekayaannya dari saham minoritas di perusahaan tambang batu bara Bayan Resources. Dia juga memiliki peran dalam pembangunan dan pengoperasian pembangkit listrik. 

Itulah 7 orang terkaya di Indonesia, dengan Dewi Kam menjadi satu-satunya perempuan dalam daftar ini. 

(*)

Editor : Syahrir Rasyid

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network