Pengaturan Lalu Lintas di DKI Jakarta Gunakan Artificial Intelligence Harus Lebih Diperjelas

Vitrianda Hilba Siregar
Lalu lintas di DKI Jakarta terasa semakin padat dibandingkan sebelum pandemi. Foto; Ist

 Penerapan teknologi AI Traffic Light pada sistem ATCS dikabarkan telah dimulai sejak bulan Februari tahun ini. Namun sayangnya, hingga bulan Mei, belum terlihat apakah teknologi ini mampu mengurai atau bahkan menurunkan kemacetan di DKI Jakarta. Tidak ada informasi atau berita terkait perkembangan proyek ini.

Padahal teknologi yang digunakan merupakan teknologi tinggi yang diadopsi dari negara-negara maju, dan tentunya anggaran yang dikeluarkan tidaklah murah.

Budi melanjutkan, di Indonesia terdapat beberapa konsep sistem terkait lampu lalu lintas. Konsep pertama yang sudah banyak digunakan adalah fixed time traffic signal, yaitu lampu lalu lintas yang dioperasikan dengan waktu yang tetap dan tidak mengalami perubahan di setiap ruas jalan.

Konsep selanjutnya adalah vehicle activated control, yaitu pengaturan lampu lalu lintas berdasarkan kondisi lalu lintas di lapangan. Beberapa daerah di Indonesia telah menerapkan sistem vehicle activated control melalui Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL).

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network