Kalahkan Korsel 3-0, China Juara Piala Sudirman 2023

Andhika Khoirul Huda
Pebulu tangkis tunggal putri China, Chen Yu Fei membawa negaranya menjuarai Piala Sudirman 2023. (Foto: REUTERS)

SUZHOU, iNews.Serpong.id – Chen Yu Fei menjadi penentu tim bulu tangkis China menjuarai Piala Sudirman 2023. Tunggal putri Negeri Tirai Bambu itu menumbangkan ganda putri Korsel, An Se-young di partai ketiga dalam dua gim dengan skor 21-16 dan 22-20 di Suzhou Olympic Center, Suzhou, China, Minggu (21/5/2023) sore WIB.

Laga sebelumnya, ganda campuran ranking satu dunia, Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong mengatasi perlawanan sengit Seo Seung Jae/Chae Yu Jung dengan skor 18-21, 22-20 dan 21-8. Tunggal putra China, Shi Yu Qi menggulung Lee Yun Gyu dengan skor 21-13 dan 21-17.

Menghadapi An Se-young di partai ketiga, Chen Yu Fei membuka poin pertama dan langsung unggul 4-1. Namun, An Se-young dengan cepat bisa bangkit untuk menyamakan skor menjadi 4-4. Akan tetapi, Chen Yu Fei bermain lebih tenang dalam pertarungan reli-reli panjang dengan sang lawan. Hasilnya, pemain ranking empat dunia itu menjauh dengan keunggulan 8-5 dan mencapai interval di angka 11-5. 

Pertandingan kembali berjalan ketat selepas interval. An Se-young pelan tapi pasti bisa mengembangkan permainannya dan memangkas ketertinggalannya menjadi 15-17. Namun, Chen Yu Fei lagi-lagi sangat tenang dan sabar untuk melancarkan serangan yang efektif pada lawannya yang duduk di ranking dua dunia itu. Alhasil, dia sukses menutup gim pertama dengan kemenangan 21-16. Pada gim kedua, Chen Yu Fei unggul 3-1 lebih dulu, tetapi An Se-young bisa mengejar lagi di angka 3-3. Bahkan, jagoan Negeri Gingseng itu berbalik unggul 7-5 dan kemudian 9-7. 

Sayangnya, empat kesalahan beruntun dibuat oleh An Se-young di mana nettingnya sering sekali menyangkut di net. Chen Yu Fei bisa menyalipnya lagi untuk memimpin 11-9 di interval gim kedua. Usai rehat, An Se-young lagi-lagi bisa keluar dari tekanan dan berbalik unggul 13-12. Namun, variasi serangan smash-smash silang yang dilakukan oleh Chen Yu Fei sangat menyulitkannya sehingga sang lawan kembali meninggalkannya di angka 15-13. 

Sempat menjauh di angka 18-15, Chen Yu Fei membuat kesalahan  beruntun hingga An Se-young menyamakan kedudukan menjadi 20-20. Namun pada akhirnya pemain berusia 25 tahun itu sukses mengunci kemenangannya di gim kedua dengan skor 22-20. (*)

Editor : Burhan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network