Gaya Hidup Milenial Berubah, Jalan-jalan dan Belanja tak Pakai Uang Tunai Lagi

Vien Dimyati
Tren belanja milenial tidak lagi bawa uang tunai (Foto: Printec)

Lifestyle influencer Dimas Ramadhan, adalah salah satu gambaran anak muda Indonesia yang sudah mengadopsi gaya hidup cashless. “Saya pribadi menggunakan cashless 99 persen karena tidak ribet dan lebih mudah, dan mempercepat proses pembayaran. Lebih nyaman, apalagi di Indonesia sudah ada e-wallet. Di luar negeri, malah sering banget menggunakan contactless, sehingga saya bisa menerapkan cashless dengan mudah," katanya. 

Dimas mengungkapkan, tidak ada minimum transaksi, bahkan membayar 1 Euro pun bisa. Ini, kata dia, yang menjadi keunggulan contactless, sehingga benar-benar membantu untuk cashless. Pembayaran dengan kartu contactless telah menjadi metode pembayaran yang marak di banyak negara di seluruh dunia. Di lebih dari 20 negara, adopsi pembayaran kartu contactless mencapai lebih dari 90 persen dari semua transaksi tatap muka Visa. 

Pembayaran menggunakan contactless card Visa sudah lama tersedia di Indonesia. Pada studi CPAS 2022 Visa, 1 dari 3 konsumen Indonesia pernah menggunakan contactless card, terutama milenial dan gen x, serta segmen affluent. Minat untuk menggunakan kartu contactless dari non-pengguna cukup besar, yaitu 84 persen.

Terkait dengan keamanan penggunaan pembayaran contactless, Visa memiliki fitur Visa Transaction Control. Pengguna dapat mengontrol penggunaan kartu, seperti pembatasan penggunaan visa di e-commerce, atau menonaktifkan di jam tertentu. Fitur ini merupakan bentuk komitmen dan Upaya Visa untuk selalu melindungi data pengguna. 

“Salah satu kemudahan yang menjadi keunggulan Visa adalah apabila kartu hilang dapat diblokir melalui HP," tutur Dimas, berbagi pengalamannya menggunakan Visa Contactless.

Dimas juga berbagi tips menjalankan gaya hidup cashless supaya keuangan tetap terjaga, karena seringkali ada kekhawatiran akan kebablasan saat belanja karena terlalu mudah mengeluarkan uang. 

“Sebisa mungkin sebelum kita membeli, kita perlu memikirkan apakah ini kebutuhan atau keinginan, sehingga perlu mementingkan keperluan dan kemampuan. Kelebihan Visa bahkan ada fitur untuk meminimalkan pengeluaran yang berlebihan,” ujarnya. 

(*)

Editor : Syahrir Rasyid

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network