Dikabarkan, Presiden Jokowi dan Presiden Xi Jinping akan Bertemu di China

Anton Suhartono
Presiden China Xi Jinping dilaporkan akan bertemu Presiden Jokowi di Chengdu (Foto: Reuters)

BEIJING, iNewsSerpong.id - Presiden China Xi Jinping dilaporkan akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Chengdu, Provinsi Sichuan, pekan ini. Beberapa kepala negara dan pemerintahan juga dijadwalkan hadir di Chengdu untuk menghadiri Pesta Olahraga Universitas Sedunia atau World University Games 2023.

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) China, dalam keterangan di situs web, seperti dilaporkan kembali Bloomberg, mengungkap selain bertemu Jokowi, Xi akan menerima pemimpin Mauritania, Burundi, Guyana, Georgia, dan Fiji.

Xi memulai kembali diplomasi tatap muka pada 2023 setelah China mencabut pembatasan akibat pandemi Covid-19 pada akhir tahun lalu. Meski demikian, sepanjang tahun ini Xi hanya melakukan sekali perjalanan luar negeri, yakni mengunjungi mitranya dari Rusia, Vladimir Putin, pada Maret lalu.

Dia telah bertemu lebih dari 30 pemimpin asing, termasuk menerima kunjungan Presiden Prancis Emmanuel Macron dan Kanselir Jerman Olaf Scholz. Selain itu China juga menjadi tuan rumah pertemuan puncak para pemimpin Asia Tengah 2023.

Kabar pertemuan Xi dengan para pemimpin asing di Chengdu muncul di tengah rencana pertemuan Biro Politik Partai Komunis China. Biro Politik Partai Komunis China terdiri atas para pemimpin senior China yang menggelar pertemuan setiap Juli, biasanya membahas kebijakan perekonomian.

Para investor menantikan pertemuan itu untuk mengetahui apakah kepemimpinan negara itu akan memberikan harapan di tengah kondisi perekonomian yang melemah atau tidak.

(*)

Editor : Syahrir Rasyid

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network