Cerita Ernando Gagal Penalti, “Rasanya Melayang, Seperti Kaki tidak Injak Tanah”

Andri Bagus Syaeful
Ernando Ari tertunduk lesu saat gagal menyarangkan bola ke gawang kiper Viernam pada final Piala AFF U-23 tahun 2023, Sabtu (26/8/2023). (Foto: PSSI)

JAKARTA, iNews.Serpong.id- Ernando Ari merasa kacau saat gagal mengeksekusi penalti di final Piala AFF U-23 tahun 2023. Kegagalan itu membuat Timnas Indonesia U-23 menelan kekalahan. "Waktu sudah tidak masuk saya rasanya langsung merasa melayang. Itu seperti kaki tidak menginjak tanah, pikiran kacau, detik-detik krusial, penendang penentu," kata pemain Persebaya itu di Jakarta, Minggu (27/8/2023).

Ernando Ari mengatakan sebenarnya sudah pernah mendapatkan porsi latihan tendangan penalti. Akan tetapi, situasi dalam latihan dan bertanding pastinya berbeda. "Sudah sekali aja, bagus, masuk, tapi kan beda pertandingan dan latihan," ucapnya. 

Kiper Timnas Indonesia U-23 Ernando Ari menceritakan detik-detik terpilih jadi penendang penalti di Piala AFF U-23 2023. Dia menyebut pelatih Shin Tae-yong menunjuknya karena tak ada yang mau jadi penendang keenam. Laga final seru itu berlangsung di Rayong Provincial Stadium, Thailand, Sabtu (26/8/2023). Indonesia kalah 5-6 dalam drama adu penalti atas Vietnam di final. 

Saat babak adu penalti, Ernando Ari menjadi penendang keenam Skuad Garuda Muda -julukan Timnas Indonesia U-23. Sayangnya, eksekusinya gagal. Ernando Ari mengatakan menjadi eksekutor penalti karena arahan sang pelatih Shin Tae-yong. Namun, dia tidak bisa membayar kepercayaan itu dengan cukup baik. 

"Akhirnya sudah sampai lima, tetapi tidak ada yang nendang (untuk pinalti keenam). Coach Shin memanggil saya, saya langsung mengambil tendangan. Itu kepercayaan pelatih mau bagaimana, tapi saya belum menyelesaikan dengan bagus," tuturnya. (*)

Editor : Burhan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network