Cara Mengatasi STB yang Kehilangan Sinyal

Punta Dewa
Penyebab STB tidak ada sinyal dan cara mengatasinya (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Penyebab STB tidak ada sinyal dan cara mengatasinya akan diulas pada artikel kali ini. Terdapat berbagai penyebab STB tidak ada sinyal. 

Cara mengatasi STB tidak ada sinyal harus disesuaikan dengan penyebabnya.  Set Top Box (STB) merupakan perangkat yang berfungsi untuk mengubah sinyal digital menjadi gambar dan suara, sehingga dapat diputar di televisi konvensional yang menggunakan sinyal analog.

Berikut ulasan mengenai penyebab STB tidak ada sinyal dan caranya, seperti dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (7/9/2023).

Penyebab STB Tidak Ada Sinyal

1. Antena tidak terhubung atau posisinya tidak tepat

Pastikan antena TV digital terhubung dengan aman ke TV Anda. Posisikan antena TV digital dengan benar sehingga menghadap ke arah pemancar sinyal TV. Perubahan posisi antena atau penyesuaian yang lebih baik dapat meningkatkan kualitas sinyal.

2. Sinyal yang lemah atau gangguan

Sinyal TV yang lemah atau gangguan dari lingkungan dapat menyebabkan hilangnya sinyal. Antena yang lebih baik atau penguat antena dapat membantu meningkatkan kualitas sinyal.3. Pembaruan saluran atau frekuensi

Stasiun TV terkadang mengubah saluran atau frekuensi siaran mereka. Jika TV Anda tidak dapat mendeteksi saluran baru atau frekuensi yang berubah, Anda perlu melakukan pemindaian saluran ulang atau penyesuaian frekuensi.

4. Masalah dengan pemancar atau jaringan siaran

Jika tidak ada sinyal TV digital di wilayah Anda, masalahnya mungkin terletak pada pemancar atau jaringan siaran. Anda dapat menghubungi penyedia siaran TV untuk melaporkan masalah tersebut.

Cara Mengatasi STB Tidak Ada Sinyal

1. Cek kekuatan sinyal

Gunakan aplikasi sinyalTVdigital untuk memeriksa jangkauan sinyal siaran TV digital di wilayah domisili. Aplikasi ini akan menampilkan peta dengan warna berbeda-beda tiap daerahnya. 

Warna merah dan oranye menandakan sinyal di tempat tersebut baik. Sedangkan warna hijau dan kuning berarti sinyal sedang, dan terakhir sinyal buruk apabila berwarna abu-abu dan biru.

2. Cek sambungan kabel

Periksa sambungan kabel antara TV digital dengan STB dan STB dengan antena. Sambungan kabel yang tidak rapat dapat menyebabkan masalah sinyal. Periksa sambungan kabel Anda dan coba cabut dan pasang kembali jika perlu.

3. Cek perangkat TV

Pastikan bahwa perangkat TV terhubung dengan benar ke sumber sinyal. Antena yang tidak terpasang dengan benar atau tidak menghadap ke arah pemancar sinyal dapat menyebabkan masalah sinyal. Periksa antena Anda dan pastikan sudah terpasang dengan benar dan menghadap ke arah pemancar sinyal.

4. Scan ulang STB

Untuk mengatasi tidak ada sinyal TV Digital, pengguna dapat melakukan scan ulang set top box.

- Pastikan wilayah domisili sudah terdapat siaran TV Digital.
- Masuk ke menu Pengaturan pada set top box.
- Buka menu pemindaian saluran dan pilih opsi pencarian otomatis.
- Masukkan kode pos sesuai tempat tinggal.
- Pilih mode Saluran Digital dan klik Cari.
- Tunggu hingga pengaturan saluran selesai.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mengatasi masalah STB tidak ada sinyal dengan mudah. Namun, jika masalah masih berlanjut, Anda dapat menghubungi penyedia layanan STB atau teknisi profesional untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.
(*)



Editor : Syahrir Rasyid

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network