Lifter Kelahiran Makassar Raih Emas Asian Games 2022

Andhika Khoirul Huda
Rahmat Erwin Abdullah raih medali emas Asian Games 2023. (Foto: Reuters/okezone.com)

HANGZHOU, iNews.Serpong.id – Rahmat Erwin Abdullah meraih medali emas Asian Games 2022. Selain meraih medali emas, lifter kelahiran Makassar, 13 Oktober 2000, ini juga memecahkan rekor dunia angkat besi. Prestasi itu setelah menjadi yang terbaik di nomor 73 kg putra dengan total angkatan seberat 359 kg di Xiaoshan Sports Centre Gymnasium, Hangzhou, China, Rabu (3/10/2023) malam WIB. 

Angka tersebut didapat setelah Rahmat mengangkat beban seberat 158 kg pada angkatan snatch. Kemudian, pada angkatan clean and jerk lifter berusia 22 tahun itu sukses mencatatkannya di angka 201 kg. Torehan 201 kg tersebut membuatnya mempertajam rekor dunia atas namanya sendiri di clean and jerk. Sebelumnya, rekor dunia yang dipegangnya berada di angka 200 kg saat tampil di Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2022 di Bogota, Kolombia. 

Sementara itu, medali perak diamankan oleh wakil Thailand, Weeraphon Wichuma, dengan total angkatan seberat 351 kg. Dia melakukannya masing-masing 156 kg di angkatan snatch dan 195 kg di clean & jerk. Sedangkan medali perunggu diraih utusan Korea Utara, Oh Kumthaek, dengan total angakatan seberat 344 kg.

Dia masing-masing mengangkat beban seberat 151 kg di angkatan snatch dan 193 kg di clean and jerk. Baca Juga Keren! Atlet Menembak Muhammad Sejahtera Sumbang Medali Emas Ke-2 Indonesia di Asian Games 2022 Dengan hasil tersebut, Rahmat menyumbang emas kelima bagi Indonesia di Asian Games 2023. Total kini Tim Merah-Putih telah mengumpulkan 19 medali yang terdiri dari lima emas, tiga perak dan 11 perunggu. (*)

Editor : Burhan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network