Saat Kegerahan di Malam Hari Bolehkah Tidur Telanjang? Simak Kata Pakar

Annastasya
manfaat tidur telanjang di malam hari. (Foto: istimewa)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Cuaca panas kini tak cuma dirasakan di siang hari. Pada malam hari pun, rasa gerah sering membuat orang merasa tak nyaman hingga memutuskan tidur tanpa pakaian alias telanjang.

Bagi sebagaian orang, tidur telanjang bisa membuat mereka nyaman dan jadi solusi saat gerah di malam hari. Banyak yang berpikir tidur tanpa pakaian akan membuat tubuh terasa lebih dingin alih-alih menggunakan baju.

Namun, apakah sebenarnya tidur telanjang baik untuk tubuh? Apakah tidur tanpa pakaian bisa jadi solusi di saat gerah pada malam hari?

Dilansir Woman Health, seorang Ahli Tidur, Dr Sophie Bostock mengatakan tidur tanpa pakaian di cuaca panas justru bisa membuat istirahat tidak nyaman. Pasalnya, tidur telanjang. di saat gerah akan membuat tubuh berkeringat dan keringat tersebut tak terserap oleh pakaian.

“Hal (tidur tanpa pakaian) ini tidak terlalu membantu karena yang sebenarnya Anda temukan adalah jika keringat terkumpul di tubuh. Keringat juga tidak hilang oleh permukaan yang menyerap kelembapan - seperti yang didapat dari pakaian,” kata Dr Sophie dikutip dari Woman Health, Selasa (17/10/2023).

Meski begitu, seorang Ahli Tidur lainnya seperti Lauri Leadley mengatakan hal sebaliknya. Dilansir Sleepopolis, dia menjelaskan tidur tanpa pakaian justru akan memberikan ruang atau ventilasi pada kulit sehingga bisa terhindar dari kelembaban dan menyebabkan infeksi jamur pada kulit.

“Tidur telanjang memungkinkan ventilasi yang lebih baik dibandingkan tidur dengan celana dalam dan/atau piyama. Hal ini membantu menciptakan area yang kurang ramah untuk berkembangnya infeksi jamur dan bakteri,” katanya.


Manfaat dan Risiko Tidur Telanjang

Dengan kata lain, tidur telanjang saat cuaca panas memiliki manfaat dan risikonya masing-masing. Kamu perlu bijak saat memutuskan untuk tidur telanjang atau dengan pakaian saat gerah di malam hari.

Lauri Leadly pun mengungkap beberapa manfaat tidur tanpa pakaian. Di antaranya seperti rasa sejuk pada kulit. Selain itu, Leadly mengatakan tidur tanpa pakaian membuat tubuh mencapai suhu optimal  sehingga bisa membuat kualitas tidur lebih baik sehingga terhindar dari insomnia.

Namun, tidur tanpa pakaian di cuaca panas juga memiliki risiko yang perlu dipahami. Dilansir Cosmopolitan, Julius Patrick, Ahli Fisiologi Tidur mengatakan tidur tanpa pakaian di cuaca panas justru dapat membuat keringat menumpuk dan tidak terserap oleh serat kain pada pakaian.

Untuk itu, Patrick pun menyarankan beberapa pakaian yang bisa dikenakan saat tidur di cuaca yang panas. 

“Jika Anda mengenakan pakaian tipis saat tidur, keringat yang Anda keluarkan akan menyerap, sehingga dapat mendinginkan Anda,” katanya.

(*)

Editor : Syahrir Rasyid

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network