Cacing Kremi di Miss V Bisa Pertanda ada Infeksi, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Chindy Aprilia Pratiwi
Ilustrasi Cacing kremi di Miss V. (Foto: istimewa)

JAKARTA, iNewsSerpong.id – Tahukah kamu kalau cacing kremi di Miss V bisa menjadi pertanda infeksi. Meski jarang terjadi, cacing kremi bisa terjadi karena kamu jarang membersihkan area vital. 

Lantas bagaimana cacing kremi bisa menginfeksi vagina? Apa penyebab infeksi cacing kremi pada miss V? Bagaimana cara mewaspadainya?

Cacing kremi di Miss V

Perlu diketahui bagaimana cacing kremi bisa ada di Miss V. Ternyata infeksi cacing kremi sebenarnya paling sering terjadi di saluran pencernaan atau usus. Namun, parasit tipis berwarna putih ini juga bisa berpindah-pindah tempat di dalam tubuh manusia.

Infeksi cacing kremi memang bisa terjadi ketika telur cacing berukuran sangat kecil masuk ke dalam tubuh melalui mulut atau hidung. Telur ini kemudian berjalan melalui sistem pencernaan dan menetas di usus. Setelah menetas dan menjadi dewasa, cacing kremi betina menuju ke anus untuk bertelur yang bisa memicu rasa gatal di area tersebut.Dalam proses perpindahan tersebut, cacing dewasa bisa tersesat lalu bersarang di bagian-bagian tubuh yang tidak seharusnya, salah satunya adalah vagina. 

Kejadian cacing kremi di Miss V ini juga sempat viral pada September 2014. Saat itu ada seorang gadis berusia 3 tahun mengalami gatal yang parah di daerah intimnya saat tidur di malam hari. Ketika ibunya memeriksanya, ditemukan cacing hidup yang bergerak di bagian depan vaginanya. Setelah dokter melakukan pemeriksaan, akhirnya cacing tersebut diidentifikasi sebagai E. vermicularis atau cacing kremi betina dewasa.Melansir dari The Pediatrics Infectious Disease Journal, para ahli yang meneliti kasus menduga bahwa ada kemungkinan cacing kremi bermigrasi dari anus ke dalam vagina. Tidak hanya menimbulkan rasa gatal yang parah, infeksi cacing kremi pada vagina juga bisa ditandai dengan gejala berupa keputihan. 

Penyebab cacing kremi di Miss V

Para peneliti sempat mengatakan tidak sengaja menelan atau menghirup telur cacing kremi merupakan penyebab infeksi cacing kremi. Telur berukuran mikroskopis ini bisa tertelan ketika kamu mengonsumsi makanan atau minuman, atau menghisap jari yang terkontaminasi. Infeksi cacing kremi juga bisa menular dari satu orang ke orang lain.

Telur cacing kremi juga bisa menyebar melalui kontak dengan seprai, handuk, atau pakaian dalam yang terkontaminasi dari orang yang terinfeksi. Karena telur sangat kecil, mereka bisa terbang di udara dan terhirup. 

Itulah penyebab cacing kremi di Miss V. (*)



Editor : Syahrir Rasyid

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network