Biar tidak Kusam, ini 5 Tips Merawat Cat Bodi Mobil di Musim Hujan

Ismet Humaedi
Pentingnya merawat bodi mobil di musim hujan. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Pemilik kendaraan, baik mobil maupun motor, dituntut memberikan perhatian ekstra bodi kendaraan pada musim hujan. Hal ini penting agar bodi tidak terlihat kusam meskipun terpapar hujan deras dan kondisi lembab.

Air hujan memiliki kandungan garam yang lebih tinggi dibandingkan dengan air biasa. Jika dibiarkan, air hujan yang menempel pada cat dan kaca mobil dapat memicu pertumbuhan jamur.

Selain itu, air hujan memiliki sifat asam dan ketika bercampur dengan partikel kotoran di jalanan serta limbah, dapat merusak mobil jika tidak segera dibersihkan.

Berikut 5 tips perawatan bodi kendaraan dari Fastwax yang bisa diterapkan:

1. Mencuci mobil setelah terkena air hujan:

Jangan biarkan air hujan mengering dengan sendirinya pada bodi mobil karena dapat meninggalkan noda asam yang merusak cat mobil.

Cucilah mobil dan keringkan menggunakan kain lap microfiber atau bilas dengan air bersih untuk menghilangkan residu air hujan.

2. Pengecekan bagian dalam mesin mobil:

Periksa bagian dalam mesin mobil karena air hujan bisa masuk ke bagian celah-celah yang sempit. Jangan mengabaikan bagian ini agar mobil tidak mengalami gangguan mesin.

3. Penggunaan karpet atau alas tambahan:

Gunakan karpet tambahan untuk melindungi lantai mobil dari kelembapan yang bisa memicu pertumbuhan jamur.

4. Penggunaan wax atau cairan pembersih:

Gunakan wax padat atau cair untuk menghilangkan baret pada cat mobil. Wax padat tidak mengandung bahan abrasif sehingga aman digunakan.

5. Parkir di tempat yang tertutup atau menggunakan cover mobil:

Tempatkan mobil di area tertutup untuk melindungi dari paparan air hujan dan debu. Jika tidak memungkinkan, gunakan cover mobil untuk melindungi mobil dari elemen eksternal. (*)


Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Tips Merawat Bodi Mobil di Musim Hujan, Jangan Sampai Kusam  ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/otomotif/mobil/tips-merawat-bodi-mobil-di-musim-hujan-jangan-sampai-kusam.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

Editor : Syahrir Rasyid

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network