get app
inews
Aa Read Next : BYD Seagull EV Dianggap sebagai Ancaman Serius bagi Dunia Otomotif Negeri Paman Sam

Jangan Asal Poles, Begini Tips Merawat Cat Bodi Mobil yang Benar

Kamis, 30 November 2023 | 05:00 WIB
header img
Jangan sembarang poles mobil agar cat tidak pudar. (Foto/Ilustrasi : Ist)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Untuk menjaga kondisi eksterior kendaraan tetap terawat jangan sembarang lakukan pemolesan cat. Lalu, bagaimana cara merawat cat bodi mobil dengan benar?

Cat pada mobil memiliki fungsi sebagai lapisan terluar pada bodi kendaraan yang melindungi pelat mobil dari pengaruh cuaca, udara, karat, sekaligus meningkatkan estetika tampilan eksterior mobil.

Dalam industri otomotif, seperti dibeberkan pihak Astra Daihatsu Motor proses pengecetan dimulai dengan metode kuas atau brushing, dilanjutkan dengan penyemprotan menggunakan udara bertekanan tinggi.

Teknologi Semi Robot

Kemudian, terdapat penggunaan teknologi semi robot dan metode pengecatan canggih seperti full robotic pada seluruh bodi mobil.

Proses pengecatan di ADM melibatkan empat tahap, yakni cleaning (pembersihan bodi), pelapisan anti karat, surfacer, dan sealing dengan lapisan terakhir berupa top coating.

Selain itu, cat bodi kendaraan dapat memiliki karakter pigmen berupa warna Solid, Metallic, dan Pearl, dengan perbedaan proses pengecatan sesuai kebutuhan pelanggan.

Berikut adalah cara merawat cat pada mobil :

  1. Simpan kendaraan di area yang terlindungi dari terik matahari, air hujan, kotoran hewan, getah pohon, dan faktor eksternal lainnya. Jika tidak ada garasi, gunakan cover khusus yang tidak merusak cat dan tahan terhadap cuaca.
  2. Cuci mobil secara rutin, minimal seminggu sekali, dengan menggunakan air bersih, shampoo khusus mobil, dan lakukan di tempat yang teduh.
  3. Periksa cat bodi mobil secara berkala dari benda asing atau cairan, dan bersihkan dengan kain halus seperti microfiber.
  4. Lakukan perawatan pemolesan minimal setiap 6 bulan untuk menjaga tampilan mobil tetap baik dan berkilau. Pilih material poles atau wax yang berkualitas, aman untuk cat, dan bebas amonia. (*)

Poles mobil dengan bahan yang tepat. (Foto/Ilustrasi : Ist)

 

Artikel ini telah dipublikasikan di www.inews.id dengan judul "Tips Merawat Cat Bodi Mobil yang Benar, Jangan Asal Poles!". Untuk membaca selengkapnya, kunjungi: https://www.inews.id/otomotif/mobil/tips-merawat-cat-bodi-mobil-yang-benar-jangan-asal-poles. Download aplikasi Inews.id untuk mendapatkan akses berita yang lebih mudah dan cepat: https://www.inews.id/apps.

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut