Uang Lauk Pauk Prajurit Naik Setara Polri, Presiden Jokowi Langsung Setujui

Giffar Rivana
Uang Lauk Pauk Prajurit Naik. Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto bersama KSAD Jenderal Maruli Simanjuntak usai sertijab, Jumat (1/12/2023). (Foto: iNews/Giffar Rivana)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Presiden Joko Widodo langsung menyetujui usulan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto yang memohon peningkatan uang lauk pauk (ULP) untuk prajurit sebesar Rp88.000 menjadi lebih dari Rp200.000, sejajar dengan yang diterima Polri.

Agus Subiyanto menyatakan bahwa permintaan itu disampaikan kepada Presiden Jokowi dalam rapat bersama Menteri Keuangan, Kepala Bappenas, dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

"Alhamdulillah, dua hari lalu saya menghadiri rapat bersama Presiden, dihadiri Menteri Keuangan, Bappenas, Menteri BUMN, dan Kapolri. Saya menyampaikan bahwa uang lauk pauk prajurit masih di bawah Rp88.000, sangat jauh jika dibandingkan dengan Polri yang sudah mencapai Rp200.000-an," ujar Agus di Mabesad, Jakarta, pada Jumat (1/12/2023).

Reformasi dalam Doktrin Pertempuran

Panglima TNI menegaskan bahwa usulannya telah disetujui oleh Presiden dan direncanakan akan diimplementasikan pada tahun 2024 mendatang.

"Tentunya kita perlu mendapatkan penghargaan yang layak, dan Presiden menyetujuinya. Kita masih memiliki waktu sebelum 2024, semoga pada saat itu ULP sudah disetarakan dengan Polri," ungkapnya.

Selain itu, Agus Subiyanto juga menyoroti pentingnya reformasi dalam doktrin pertempuran TNI AD oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) TNI.

Reformasi ini dianggap penting mengingat sistem pertempuran saat ini telah berubah dengan pesat berkat kemajuan teknologi perang.

"Doktrin harus mengikuti perkembangan strategis yang ada. Sepuluh tahun lalu, pertempuran mungkin berlangsung secara berbeda. Saat ini, kita melihat contohnya di Ukraina dan Palestina, penggunaan teknologi drone dan siber sudah menjadi bagian dari pertempuran," jelas Agus. (*)

 

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Panglima TNI Minta Uang Lauk Pauk Prajurit Naik Setara Polri, Langsung Disetujui Presiden ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/news/nasional/panglima-tni-minta-uang-lauk-pauk-prajurit-naik-setara-polri-langsung-disetujui-presiden/all.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

Editor : Syahrir Rasyid

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network