Tanggapi Cak Imin, Pengamat Perkotaan : Bangun 40 Kota Selevel Jakarta Perlu Sejumlah Elemen

Mohammad Atik Fajardin
Pengamat Perkotaan Yayat Supriyatna menjelaskan, membangun 40 kota seperti atau setara Jakarta bukan perkara mudah. Foto/Dok SINDOnews

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Cak Imin, calon wakil presiden dari pasangan nomor urut 1, menyatakan tekad untuk membangun 40 kota baru selevel dengan Jakarta. Pernyataan ini dia sampaikan dalam debat calon wakil presiden tahun 2024 pada Jumat, (22/12/2023).

Menurut Cak Imin, pembangunan kota harus merata di seluruh Indonesia dan tidak hanya berpusat di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Namun, apakah membangun 40 kota setara dengan Jakarta memungkinkan?

Yayat Supriyatna, seorang pengamat perkotaan, menjelaskan bahwa membangun 40 kota selevel dengan Jakarta bukanlah perkara mudah.
 
Untuk mencapai hal tersebut, diperlukan Key Performance Indicator (KPI) yang mengacu pada apa yang sudah dimiliki oleh Jakarta. Pertama-tama, kita perlu menentukan apa yang ingin kita tiru dari Jakarta, kata Yayat, Sabtu (23/12/2023).

Jakarta memiliki keunggulan seperti transportasi massal yang terintegrasi, pelabuhan, dan kedekatan dengan bandara, sehingga punya basis ekonomi yang kuat.

“Oleh karena itu, jika ingin membangun 40 kota serupa dengan Jakarta, juga harus memiliki mesin penggerak ekonomi”, tegasnya.

Yayat juga menyoroti pentingnya pemerataan pembangunan. Salah satu cara untuk mencapai ini adalah dengan membagi fungsi DKI Jakarta dengan kota-kota lain agar tidak terjadi kepadatan atau “obesitas” di satu titik.
 
Sebagai contoh, pusat pemerintahan bisa dipindahkan ke IKN, pendidikan dapat ditempatkan di Depok, dan sektor ekonomi kreatif bisa berkembang di Bandung, industri ke Bekasi seperti Cikarang dan Karawang. Dengan demikian, ekonomi di berbagai kota dapat tumbuh setara dengan Jakarta, urai Yayat.

Yayat menganggap pernyataan Cak Imin tentang membangun 40 kota di Indonesia selevel dengan Jakarta dianggap sebagai jargon politik. Meskipun demikian, dalam konteks Pemilu 2024, jargon politik harus tetap realistis.

Untuk mewujudkan kota seperti Jakarta diperlukan kepala daerah yang memiliki leadership dan visi membangun kota, lanjutnya. 

"Tapi itu semua balik ke leadership. Perlu wali kota dengan visi jangka panjang, kalau wali kota mikir jangka pendek yang ada cuma membangun partainya, bukan kotanya. Setiap wali kota harus punya visi membangun kota," tutupnya.

 

Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com pada Sabtu, 23 Desember 2023 - 21:12 WIB oleh Mohammad Atik Fajardin dengan judul "Pengamat Sebut Bangun 40 Kota Selevel Jakarta Perlu Sejumlah Elemen, Ini Rinciannya".
 

Editor : A.R Bacho

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network