Deretan Insentif Disiapkan Pemerintah untuk Developer yang Membangun Hunian di IKN

Iqbal Dwi Purnama
Pemerintah telah menyiapkan berbagai insentif khusus untuk developer yang akan membangun hunian berimbang di Ibu Kota Nusantara (IKN). (Foto: Ist)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Plt Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN), Basuki Hadimuljono, menyatakan bahwa pihaknya telah menyediakan beragam insentif untuk developer yang berencana membangun hunian berimbang di IKN. Apa saja insentif tersebut?

Menurut Basuki, insentif ini bertujuan untuk menarik minat para developer dalam mengembangkan hunian berimbang di ibu kota baru, sehingga kebutuhan perumahan, khususnya untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), dapat terpenuhi.

Basuki menjelaskan bahwa konsep hunian berimbang merupakan ketentuan yang harus dipatuhi oleh developer ketika membangun sebuah kawasan hunian.

Pasokan Perumahan

Jika seorang developer membangun hunian untuk kelas atas, mereka juga diwajibkan untuk menyediakan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah, sehingga pasokan perumahan tidak hanya terfokus pada satu kelas saja.

"Jadi, konsep hunian berimbang ini sebelumnya belum sepenuhnya dipenuhi oleh para developer, yang tadinya mengharuskan semua bangunan berada dalam satu kawasan. Sekarang, mereka sudah diperbolehkan untuk tidak membangun di satu lokasi saja, dan bisa membangun di IKN," ungkapnya saat ditemui di kantornya, Selasa (20/8/2024).

Basuki menambahkan, ketentuan mengenai pembangunan hunian berimbang di IKN diperkuat dengan menawarkan sejumlah insentif untuk developer, sebagaimana diatur dalam PP 29 tahun 2024 tentang Pemberian Perizinan Berusaha, Kemudahan Berusaha, dan Fasilitas Penanaman Modal bagi Pelaku Usaha di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Editor : Syahrir Rasyid

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network