Ada Skenario Pembentukan Koalisi Besar, Sudirman Said Dengar Hanya Sisakan 2 Partai

Irfan Ma'ruf
Co-Captain Timnas AMIN Sudirman Said mengaku mendengar skenario pembentukan koalisi besar yang hanya menyisakan satu atau dua partai. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Ada rencana pembentukan koalisi besar dalam pemerintahan. Beberapa partai politik disebut-sebut akan diajak bergabung dalam koalisi tersebut. Demikian info yang didengar Co-Captain Timnas Anies-Muhaimin (AMIN), Sudirman Said.

Sudirman mengungkapkan bahwa hanya akan ada satu atau dua partai politik yang ditinggalkan di luar koalisi. "Ada satu perbincangan di luar seolah-olah yang akan dilakukan adalah mengajak hampir seluruh partai dalam satu koalisi besar kemudian menyisakan satu dua (partai)," kata Sudirman, pada Minggu (2/3/2024).

Meredam Suara Rakyat

Meskipun Sudirman tidak mengetahui pihak mana yang merencanakan skenario tersebut, menurutnya, wacana tersebut tidak sesuai dengan prinsip demokrasi yang baik. Dia khawatir pembentukan koalisi besar tersebut akan meredam suara rakyat yang diwakili melalui DPR.

"Pertama, pemilu ini kan belum selesai jadi kita tunggu sampai selesai tapi saya berharap bahwa yang menang memerintah, yang kalah menjadi penyeimbang," tambahnya.

Sudirman juga menyatakan keprihatinannya terhadap potensi kooptasi yang bertujuan mengontrol eksekutif, legislatif, dan yudikatif, yang dapat mengakibatkan negara bergerak tanpa kendali.

"Satu dua pindah barang kali oke, tapi kalau niatnya mengkooptasi hampir seluruh partai kemudian menjadi kekuatan besar, apalagi dengan niat buruk, itu menurut saya bukan hal yang baik dan itu mesti dijadikan concern bersama oleh masyarakat," ujarnya. (*)

 



Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Sudirman Said Dengar Ada Skenario Pembentukan Koalisi Besar, Sisakan 2 Partai ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/news/nasional/sudirman-said-dengar-ada-skenario-pembentukan-koalisi-besar-sisakan-2-partai.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network