Terkenal Awet dan Bandel, Kunci Utama Kendaraan Buatan Jepang

Wahyu Budi Santoso
Perakitan mobil Jepang di Indonesia. (Foto: SINDOnews)

TOKYO, iNewsSerpong.id - Mobil buatan Jepang memiliki reputasi yang sulit dipatahkan dan tahan lama jika dibandingkan dengan merek dari Amerika, China, dan bahkan benua lainnya.

Consumer Report 2023 mengungkapkan 6 dari 10 merek paling tahan lama berasal dari Jepang.

Namun, jika diperhatikan lebih dalam, keawetan kendaraan buatan Jepang ini berkaitan langsung dengan budaya masyarakat Jepang itu sendiri.

Untuk memperdalam pondasi atau "inti" kekuatan dan ketahanan kendaraan Jepang, faktor-faktor tersebut dikontribusikan oleh:

1. Sejarah

Sejarah membuktikan bahwa bangsa Jepang melalui gerakan Meiji (reformasi) mampu mengalahkan tentara Rusia dalam peperangan tersebut. Situasi ini menggugah semangat patriotisme warga Jepang.

Meskipun kekalahan tanpa syarat pasukan sekutu dalam Perang Dunia II merendahkan martabat Angkatan Darat Jepang, Jepang mulai menunjukkan kekuatannya di bidang industri manufaktur dan perekonomian.

Hal ini merupakan wujud ketangguhan Jepang melalui produk mereknya yang mampu dijual dengan harga murah dan berkualitas, sekaligus mengalahkan produk buatan Barat.

2. Kaizen & Lean Manufacturing

Salah satu tantangan yang dihadapi Jepang dalam mengembangkan industri adalah permasalahan finansial, kurangnya lahan akibat perang, dan kekurangan sumber daya alam sebagai bahan baku.

Ironisnya, ide Lean Manufacturing terinspirasi oleh Dr. Edward Deming dari Amerika yang membawa ide peningkatan kualitas untuk meningkatkan produktivitas pada perusahaan Jepang, setelah sebagian besar perusahaan Amerika menolak ide tersebut.

Ide ini mencetuskan filosofi baru yang digunakan oleh Toyota dikenal dengan Toyota Production System (TPS).

Selain pengendalian kualitas, TPS juga mengedepankan gagasan pengembangan dan perbaikan berkelanjutan (kaizen) untuk meningkatkan kualitas produk otomotif Jepang dengan cara termudah dan termurah.

Obsesi orang Jepang terhadap Kaizen membuat mereka mampu mempelajari berapa banyak menit yang dibutuhkan dan berapa banyak SOP yang diperlukan. (*)

 

 

 

Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com oleh Wahyu Budi Santoso dengan judul "Kunci Utama Kendaraan Buatan Jepang Terkenal Awet dan Bandel".

 

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network