Mudik Lebaran 2024 : Cegah Mobil Bermasalah di Jalan, 7 Hal Penting Harus Dicermati

Dani M Dahwilani
Bagaimana agar mobil yang akan digunakan mudik Lebaran aman dan nyaman, serta tidak bermasalah di jalan? (Foto: Daihatsu)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Mudik Lebaran selalu saja ada kendala di luar prediksi. Penyebabnya bermacam-macam, mulai dari aturan buka-tutup jalan, macet total hingga kendaraan yang mogok di tengah perjalanan.

Selain memakan waktu dan energi, situasi tersebut juga dapat mempengaruhi kinerja kendaraan. Mesin mobil cenderung lebih cepat panas dan konsumsi bahan bakar meningkat.

Bagaimana agar mobil yang akan digunakan mudik Lebaran tetap aman, nyaman, dan bebas dari masalah di jalan? Dalam keterangan pers, pihak Daihatsu membagikan 7 tips penting dalam merawat mobil sebelum mudik:

1. Ganti Oli

Pelumas atau oli adalah komponen vital dalam mesin. Periksa dan ganti oli sebelum mudik, termasuk oli mesin, gardan, rem, power steering, dan lainnya. Pastikan untuk memilih oli yang sesuai dengan spesifikasi mesin.

2. Cek Kondisi Ban

Ban merupakan penggerak utama mobil, maka kondisinya harus diperhatikan secara teratur. Selain memeriksa tekanan ban, perlu juga melakukan spooring dan balancing untuk menjaga keseimbangan roda.

3. Cek Rem

Pastikan komponen rem dalam kondisi baik, termasuk minyak rem, kampas rem, dan piston rem.

4. Ganti Air Radiator

Air radiator berperan penting dalam meredam panas mesin. Mobil dengan tekanan kompresi tinggi disarankan menggunakan air radiator khusus untuk mencegah karat pada mesin.

Editor : Syahrir Rasyid

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network