Warung Kaleng Hingga Kawin Kontrak, Sisi Lain Dari Kehidupan Orang Arab Di Puncak  

Maria Alexandra Fedho
Kampung Sampay di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, berubah nama . sejak hadirnya orang-orang Arab menjadi Kampung Arab. (Foto : Dok SINDOnews)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Orang-orang Arab atau Timur Tengah sangat senang ke Puncak Bogor, bahkan menyebutnya bagaikan sepotong surga di dunia. Belakangan kehadiran orang Arab di Puncak membentuk sebuah kampung. Dulunya, namanya kampung Sampay lalu berubah menjadi kampung Arab.   

Geliat kehidupan orang-orang Arab di Kampung Sampay ditandai dengan berdirinya plang yang menjadi penanda toko atau bangunan tertentu ditulis dengan menggunakan huruf Arab.

Suasana Arab begitu kentara ketika melintasi Jalan Jakarta-Puncak di Kilometer 84. Warga sekitar juga menyebut Kampung Arab dengan nama Warung Kaleng karena awalnya warung-warung yang didirikan pedagang China hampir semuanya beratapkan seng atau kaleng.

Walaupun saat ini kondisinya berubah tidak ada lagi bernuansa China dan seluruh warung sudah beratap genteng. Kini, suasananya justru berubah menjadi kearab-araban. Turis asal Timur Tengah seperti Arab Saudi, Bahrain, Kuwait, dan Qatar memang mengidolakan Kampung Sampay sebagai salah satu destinasi wisata populer di Tanah Air.


Suasana Puncak. (Foto : Ist)

Alasannya, mereka sangat menikmati bentang alam yang hijau dan hawa sejuk di kawasan Puncak. Ditambah lagi, orang Arab memiliki pemahaman religius bahwa surga adalah sesuatu yang hijau, subur, dan terdapat sungai mengalir di bawahnya.

Keberadaan orang-orang Arab ini mendapat sambutan hangat dari warga setempat yang menyediakan berbagai fasilitas. Selain penginapan, tersedia pula berbagai toko, money changer, restoran, serta sarana hiburan lainnya yang bernuansa Arab.

Ironisnya, imbas dari keberadaan orang Arab di Kampung Sampay munculnya praktik kawin kontrak. Orang Arab dikenal sering melakukan kawin kontrak dengan gadis lokal untuk jangka waktu 1-3 bulan.

Bahkan, ada juga yang kawin kontrak dengan perempuan dari wilayah lain seperti Sukabumi. Dalam masa kawin kontrak itu, seorang perempuan mendapatkan bayaran mencapai Rp 30 juta-Rp 50 juta. Praktik kawin kontrak ini biasanya dilakukan secara terselubung di vila.

Dengan motif mendapat keuntungan yang menggiurkan tak sedikit warga lokal yang mendukung aktivitas tersebut. (*)

 

Editor : Syahrir Rasyid

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network