Awas Bisa Turun Mesin, Jangan Biarkan Knalpot Motor Keluar Asap Putih

Muhamad Fadli Ramadan
Bahaya knalpot motor keluar asap putih. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Knalpot salah satu bagian terpenting dalam mengeluarkan gas hasil pembakaran mesin pada sepeda motor. Pada motor 4 tak, gas yang keluar cenderung bersih karena telah melalui tahap penyaringan optimal.

Namun, seringkali dijumpai sepeda motor dengan spesifikasi 4 tak mengeluarkan asap putih layaknya motor 2 tak. Asap tersebut tidak hanya berbau, tetapi juga dapat membuat mata pengendara di belakangnya perih.

"Asap putih pada knalpot motor bisa menjadi indikator adanya masalah pada mesin. Namun, asap ini juga bisa disebabkan oleh faktor lain yang bersifat sementara," demikian keterangan dalam laman Suzuki.

Asap putih dari knalpot motor bisa disebabkan oleh beberapa faktor umum, antara lain:

1. Kondensasi Mesin

Terjadi saat mesin motor masih dingin, terutama saat baru dihidupkan atau di lingkungan yang lembab. Uap air yang terbentuk akibat pembakaran internal mesin akan terkumpul dan keluar sebagai asap putih. Hal ini normal dan tidak perlu dikhawatirkan karena asap putih akan berkurang seiring mesin mencapai suhu operasi normal.

2. Kebocoran Cairan Pendingin

Jika asap putih disertai dengan bau manis dan mesin terasa cepat panas, ini bisa menjadi indikasi kebocoran cairan pendingin. Kebocoran dapat terjadi pada paking kepala silinder yang rusak, blok mesin yang retak, atau silinder yang bengkok. Cairan pendingin yang tercampur dengan bahan bakar akan terbakar dan keluar sebagai asap putih.

3. Oli Terbakar

Ring piston yang aus, seal katup yang rusak, atau oli mesin yang terlalu penuh dapat menyebabkan oli masuk ke ruang bakar dan terbakar. Asap putih yang dihasilkan biasanya disertai dengan semburat kebiruan dan diikuti dengan konsumsi oli mesin yang lebih boros dari biasanya.

Penting untuk melakukan perawatan rutin pada sepeda motor agar mesin tetap bekerja optimal, terutama jika terdapat tanda-tanda keluarnya asap putih dari mesin.

Gunakan juga oli mesin berkualitas tinggi untuk melumasi komponen mesin dengan baik dan mengurangi gesekan yang bisa menyebabkan keausan. (*)

 


Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com oleh Muhamad Fadli Ramadan dengan judul "Knalpot Motor Keluar Asap Putih, Awas Bisa Turun Mesin".

 

 

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network