get app
inews
Aa Read Next : Begini Cara Atasi Penyebab Knalpot Motor Keropos

Jangan Oleskan Odol, ini 4 Cara Atasi Kaki Kena Knalpot

Sabtu, 20 Januari 2024 | 09:20 WIB
header img
Cara mengatasi kaki kena knalpot. (foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsSerpong.id – Cara mengatasi kaki kena knalpot ternyata tak bisa sembarangan. Bahkan jika salah dalam penanganan bisa berakhir buruk dan menimbulkan infeksi pada kulit. 

Harus diingat luka bakar di kulit memang mudah menimbulkan infeksi. Luka bakar adalah luka yang diakibatkan oleh panas, bisa berasal dari api, listrik, atau bahan kimia. Luka bakar dapat menyebabkan kerusakan jaringan tubuh, bahkan berpotensi membekas di kulit. Tingkat keparahan luka bakar dibagi menjadi tiga kategori (derajat), mulai dari ringan, sedang, hingga berat.

Lantas bagaimana cara mengatasi kaki kena knalpot? Berikut rangkuman iNews.id dari berbagai sumber, Kamis (4/1/2023). 

Cara mengatasi kaki kena knalpot

Luka bakar knalpot termasuk jenis luka bakar derajat 2, atau luka bakar sedang. Panasnya akan menembus ke beberapa lapisan kulit dalam, menyebabkan nyeri, sakit, bengkak, dan kulit melepuh. Meskipun tidak membutuhkan operasi bedah, penanganan luka bakar jenis ini harus tepat, agar tidak menimbulkan efek untuk jangka panjang.

Langkah mengobati kaki kena knalpot: 


1. Alirkan pakai air dingin
Cara mengatasi kaki kena knalpot yang pertama dengan mengalirkan air dingin di area kulit yang terdampak. Jangan pakai air es, tetapi gunakan air biasa/air suhu ruang. Aliri sekitar 15-20 menit. Setelah itu, bersihkan area luka dengan antiseptik, lalu bilas.

2. Oleskan Salep Luka Bakar
Segera olesi area luka dengan salep khusus luka bakar yang bertujuan untuk membantu regenerasi kulit. Salep liposin adalah salep berisi kombinasi 3 antibiotik dan anestesi/pereda nyeri lokal (bacitracin, neomycin sulfate, polymyxin B, sulfate, dan lidocaine). Penggunaan salep ini aman selama berada dalam resep dan pengawasan dokter. 

3. Balut luka bakar dengan kasa steril
Cara mengatasi kaki kena knalpot selanjutnya dengan kasa steril. Cara ini dipakai untuk menghindari luka bakar dari gesekan dan paparan sinar matahari. Pakai kain atau kasa steril yang anti lengket. Lakukan perawatan minimal sehari dua kali sampai luka membaik.

4. Pakai tabir surya
Nah, selain pertolongan pertama di atas, kamu juga bisa melakukan perawatan luka bakar knalpot tidak berbekas di kulit. Misalnya, lindungi area yang terbakar dengan tabir surya (sunscreen), serta lakukan peregangan di area sekitar luka selama beberapa menit setiap harinya untuk mencegah kekakuan jaringan.

Itulah cara mengatasi kaki kena knalpot.

(*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut