Ini Deretan Orang Terkaya di Asia, Nomor 3 Tercatat Prajogo Pangestu

Aditya Pratama
Mukesh Ambani masih menempati urutan pertama orang terkaya di Asia dengan kekayaan bersih 117,2 miliar dolar AS atau setara Rp1.905 triliun. (Foto: Dok Reliance Group India)

Adani dikenal memiliki kemampuan sebagai operator bandara utama India dan pengawas Pelabuhan Mundra yang penting di Gujarat. Selain itu, akuisisi strategisnya atas aset Holcim di India pada tahun 2022 mendorongnya sebagai produsen semen terbesar kedua di India.

3. Prajogo Pangestu

Taipan energi dan petrokimia ini merupakan orang terkaya di Indonesia dengan kekayaan bersih 60,9 miliar dolar AS atau setara Rp990 triliun. Memulai perjalanan bisnis dari kayu, saat ini perusahaan Prajogo, PT Barito Pacific merupakan salah satu pemimpin dalam industri petrokimia, produksi plastik, pertambangan, dan energi termal di Indonesia. 

Kekayaannya meningkat secara signifikan pada tahun 2023 karena dua perusahaan grupnya, Petrindo Jaya Kreasi dan Barito Renewables Energy melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI).

4. Zhong Shanshan

Zhong Shanshan merupakan tokoh di balik Nongfu Spring, perusahaan air minum dalam kemasan di China. Pria yang memiliki kekayaan bersih 47,6 miliar dolar AS atau setara Rp774,04 triliun ini juga memegang pengaruh di Beijing Wantai Biological Pharmacy, produsen tes diagnostik cepat untuk Covid-19. 

5. Colin Zheng Huang

Colin Zheng Huang merupakan pendiri PDD Holdings, perusahaan e-commerce China yang telah mengubah namanya dari Pinduoduo pada Februari 2023. Selain itu, Huang juga mendirikan game online Xinyoudi, dan platform e-commerce lain yang dikenal sebagai Ouku.com. 

Meski telah mengundurkan diri dari jabatan ketua beberapa tahun lalu, Huang masih memiliki sekitar 28 persen saham perusahaan. Kekayaan bersihnya mencapai 45,8 mliar dolar AS atau setara Rp744 triliun.

(*)



Editor : Syahrir Rasyid

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.

Artikel Terkait

BERITA POPULER +
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network