Kisah Haru dari Yanwar Jumowo, Anak Tukang Cukur Rambut Lulus di Akademi Militer, Berpangkat Letda

Rizky Agustian
Kisah inspiratif Yanwar Jumowo lulus Akmil resmi berpangkat Letda dari kecabangan Zeni meski berstatus anak tukang cukur rambut. (Foto: TNI AD/YouTube)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Kisah mengharukan, anak tukang cukur rambut bernama Yanwar Jumowo, berhasil lulus pendidikan Akademi Militer (Akmil).

Yanwar menjadi salah seorang perwira remaja yang dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 16 Juli 2024. Dia kini resmi berpangkat letnan dua (letda) TNI dari kecabangan Zeni (CZI).

Setelah dilantik menjadi perwira oleh Presiden Joko Widodo, Yanwar dan keluarga merasa bangga dan bahagia sekali. Selama empat tahun menempuh pendidikan di Akmil, banyak suka duka yang dilewati.

Berkat Doa Orangtua

"Ini merupakan kebanggaan besar bagi diri saya sendiri serta orang tua saya," ujar Yanwar dalam video yang diunggah di akun YouTube TNI AD, dilihat Jumat (9/8/2024).

Yanwar juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada orang tuanya yang selalu mendoakan dirinya. Dia yakin bahwa doa orang tua memuluskan langkahnya dalam menjalani pendidikan.

"Berkat doa, bimbingan, dan dukungan bapak dan ibu," kata dia. Yanwar berharap dapat menjadi contoh yang baik saat nanti dipercaya mengemban amanah memimpin prajurit TNI AD.

Dia juga memberikan pesan kepada para calon taruna untuk tetap semangat dalam menggapai cita-cita menempuh pendidikan di Akmil.

"Jangan minder, karena masuk Akmil tidak harus memiliki orang tua yang merupakan tentara. Buktinya, saya anak dari seorang tukang cukur, tapi saya bisa masuk Akmil dan lulus menjadi perwira letnan dua," ujar dia.

Sementara itu, ayah Yanwar, Tarman, mengaku sangat bangga atas pencapaian sang anak. Dia berpesan agar Yanwar dapat berdedikasi usai dilantik menjadi perwira.

"Alhamdulillah sudah jadi letnan dua. Jadilah prajurit yang jujur, disiplin, dan tegas," kata dia. (*)

 

 

 

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network