Biar Awet, Begini Cara Merawat HP yang Benar

Dini Listiyani
Cara Merawat HP agar Awet Bertahun-tahun (Foto: unsplash)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Cara merawat HP agar awet hingga bertahun-tahun perlu dicermati. Ini bisa membantu pengguna menghemat budget untuk mengganti ponsel.

Sejumlah brand smartphone berjanji akan memberikan update software selama empat tahun. Namun, janji-janji tersebut tidak akan ada artinya jika HP Anda rusak. 

Oleh karena itu, sebagai pengguna Anda perlu menjaga HP tetap berfungsi baik dan mencegahnya rusak total. Ada beberapa kiat sederhana yang dapat dilakukan pengguna smartphone untuk merawat ponselnya, sebagaimana dikutip dari Android Authority, Selasa (13/8/2024). 

1. Jaga Daya Tahan Baterai

Baterai akan selalu menjadi masalah terbesar dalam membuat ponsel Anda bertahan lebih lama. Baterai akan mengalami penurunan daya seiring waktu, dan begitu Anda merasa perlu mengisi daya ponsel lebih dari sekali sehari, biasanya pengguna berpikir menggantinya. Di sini penting untuk merawat baterai ponsel. Misalnya, menghindari siklus pengisi daya penuh dan menggunakan fast charging. 

2. Bersihkan  Port

Port ponsel tempat yang paling rentan. Bagian ponsel lainnya tertutup rapat dan mungkin dibungkus dalam casing, tetapi port pengisian daya terbuka karena desainnya dan karenanya perlu dibersihkan secara teratur. Jika tidak, kotoran dapat menumpuk hingga pengguna tidak dapat mengisi daya ponsel lagi, yang dapat membuatnya tidak berguna jika tidak memiliki pengisian daya nirkabel.

3. Gunakan Casing dan Pelindung Layar

Casing ponsel dan pelindung layar sejauh ini merupakan cara termudah mencegah ponsel rusak. Casing dan pelindung layar dapat mencegah layar retak atau perangkat rusak total. 

Bahkan jika terjadi kerusakan, casing akan meminimalkannya. Sebagian besar casing ponsel sangat murah, dan pelindung layar hampir gratis, jadi tidak ada alasan untuk tidak menggunakannya.

4. Selalu Update Ponsel

Update disertai dengan perbaikan bug untuk memastikan perangkat tetap berjalan lancar dan kompatibel dengan perangkat software lainnya. Dalam hal pembaruan keamanan, update tersebut melindungi perangkat dari serangan siber.

Oleh karena itu, mengunduh pembaruan terbaru sesegera mungkin sangat penting. Anda biasanya akan diminta untuk mengunduh pembaruan terbaru saat tersedia, tapi pengguna juga dapat dan harus memeriksanya secara manual untuk memastikan mendapatkan pembaruan terkini.

5. Lawan Perlambatan

Semakin lama Anda dapat menjaga ponsel tetap berjalan lancar, semakin lama Anda menggunakannya. Ada beberapa cara untuk membuat smartphone lebih cepat berjalan. Anda bisa menonaktifkan aplikasi yang sudah terpasang hingga bersihkan cache aplikasi. Mengingat cache aplikasi dapat meningkatkan kinerja aplikasi tanpa kehilangan data penting.

(*)



Editor : Syahrir Rasyid

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network