Manfaatkan sebagai Peluang Bisnis, 5 Cara Mendapatkan Uang dari Instagram Reels

Kurnia Nadya
5 Cara Mendapatkan Uang dari Instagram Reels, Bisa Dimanfaatkan untuk Peluang Bisnis. (Foto: Instagram)

IDXChannel, iNewsSerpong.id — Adakah cara untuk mendapatkan uang dari Instagram Reels? Instagram Reels adalah fitur video pendek yang dapat dibuat dan diunggah pemilik akun untuk berkreasi dengan beragam jenis konten

Sebelumnya, Instagram pernah memberlakukan program Reels Play Bonus yang memungkinkan kreator konten—di negara tertentu dan memenuhi kriteria—untuk mendapatkan penghasilan dari konten buatannya. 

Program ini juga hanya tersedia untuk pengguna di Korea Selatan, Amerika Serikat, Jepang, dan India. Selain itu, kepesertaan program ini juga hanya didapat melalui jalur undangan langsung dari Instagram. 

Namun sejak akhir 2023, program monetisasi ini tidak lagi berjalan. Sehingga para konten kreator tidak lagi dapat menghasilkan bonus dari konten-kontennya. Meskipun demikian, masih ada cara lain untuk mendapatkan uang dari Instagram Reels. 

Cara Mendapatkan Uang dari Instagram Reels 

Perlu diingat bahwa Instagram adalah platform berbagi foto yang kini mulai digunakan untuk bisnis dan pemasaran. Sehingga jumlah impresi dan engagement suatu konten sangat berarti bagi kreator dan pihak yang memanfaatkan Instagram untuk bisnisnya. 

Sehingga untuk mendapatkan uang dari konten foto maupun reels, pengguna harus mengembangkan akunnya hingga memiliki audiens yang cukup besar agar akunnya dianggap eligible untuk dimonetisasi. 

Berikut ini adalah beberapa cara yang memungkinkan pemilik akun Instagram untuk mendapatkan uang: 

1. Affiliate Marketing 

Dengan audiens yang besar, semakin besar peluang pengguna untuk menjalankan bisnis affiliate marketing. Program affiliate marketing biasanya diselenggarakan oleh platform e-commerce untuk meningkatkan penjualan. 

Pengguna dapat memanfaatkan Instagram Reels untuk membuat konten yang memasarkan produk-produk e-commerce. Semakin luas jangkauan audiens, semakin besar peluang konsumen membeli produk yang ditawarkan di Instagram Reels. 

2. Endorsement 

Pemilik akun Instagram dengan jumlah followers tinggi berpeluang besar untuk menerima ajakan kerja sama berupa endorsement. Biasanya endorsement ini ditawarkan sesuai dengan persona atau bidang yang digeluti pemilik akun. 

Misalnya, jika pemilik akun terfokus pada produk-produk skincare dan kosmetik, maka peluang endorsement bisa datang dari brand-brand makeup dan skincare yang memerlukan kerja sama dengan influencer untuk eksposur produk. 

3. Sponsored Post 

Jika akun sudah berkembang dengan jumlah audiens yang mumpuni, pemilik akun berpeluang untuk mendapatkan penghasilan dari konten-konten bersponsor dari pihak lain yang membutuhkan kerja sama pemasaran digital. 

4. Menjual Produk dan Jasa 

Santo Suruh adalah salah satu contoh pemilik akun Instagram yang memanfaatkan fitur Reels untuk mendapatkan uang dari pesanan jasa. Fitur Reels dapat dimanfaatkan untuk menawarkan dan memasarkan produk serta jasa yang Anda miliki. 

Penjual online yang memiliki akun toko resmi juga umumnya menggunakan fitur reels untuk mengiklankan produk mereka sendiri. 

5. Menjual Jasa Fotografi dan Konten 

Fitur Instagram Reels juga dapat dimanfaatkan untuk menunjukkan portofolio jasa digital seperti fotografi, pembuatan konten, template, dan sebagainya. Saat ini banyak terdapat template Instagram Reels yang dapat diunduh gratis dan dibeli melalui situs Canva. 

Itulah beberapa cara mendapatkan uang dari Instagram Reels yang patut dicoba. 

(*)

Editor : Syahrir Rasyid

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network