Kendaraan Hybrid Curi Perhatian, Penjualan Mobil Nasional di 2024 Diperkirakan Dibawah Sejuta   

Dani M Dahwilani
PT Toyota-Astra Motor (TAM) memperkirakan penjualan mobil di Indonesia pada 2024 akan mencapai sekitar 900 ribu unit. (Foto: Ist)

YOGYAKARTA, iNewsSerpong.id - Berdasarkan analisis situasi pasar saat ini penjualan mobil berada di angka 900 ribu unit. PT Toyota Astra Motor (TAM) berharap penurunan penjualan mobil di Indonesia pada 2024 tidak terlalu signifikan.

Sebelumnya, data dari Gaikindo mencatat bahwa penjualan wholesales (dari pabrik ke dealer) mobil nasional pada 2023 mencapai 1.005.802 unit.

Angka tersebut mengalami penurunan 4 persen dibandingkan dengan tahun 2022. Dengan proyeksi penjualan di 2024, terlihat adanya penurunan sekitar 10 persen.

Model Kendaraan Hybrid

Meski penjualan mobil secara keseluruhan diprediksi turun, model kendaraan hybrid terus menunjukkan pertumbuhan yang positif. Penjualan mobil hybrid Toyota selama periode Januari-Juli 2024 meningkat sebesar 52,3 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

"Toyota Kijang Innova HEV menjadi model hybrid terlaris kami, diikuti oleh Yaris Cross HEV dan Alphard HEV," ungkap Vice President Director PT TAM Henry Tanoto dalam acara Toyota Eco Journey-JTD Electrification Line Up 2024 di Yogyakarta, Selasa (27/8/2024).

Henry menginformasikan bahwa Toyota Kijang Innova Zenix HEV mencatatkan rata-rata penjualan mencapai 2.000 unit per bulan sepanjang 2024, sementara Yaris Cross HEV, yang merupakan model hybrid termurah Toyota di Indonesia, terjual sekitar 500 unit per bulan.

Penjualan gabungan untuk MPV mewah Alphard dan Vellfire juga berada di angka sekitar 500 unit per bulan.

Editor : Syahrir Rasyid

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network