IIMS 2025 : Suzuki Andalkan Grand Vitara Hybrid  

Dani M Dahwilani
Pasar otomotif Indonesia saat ini diramaikan kendaraan elektrik asal China dan Korea, Suzuki fokus Grand Vitara Hybrid. (Foto: Dok iNews.id)

JAKARTA, iNewsSerpong.id -- Suzuki fokus pada Grand Vitara Hybrid. Model SUV medium dari Suzuki ini tampil sebagai pesaing di segmen yang semakin ketat, terutama dengan banyaknya model kendaraan bermesin konvensional dan hybrid yang memanaskan pasar SUV di Indonesia.

Sebagai pemain utama, Suzuki mempercayakan harapan pada Grand Vitara Hybrid. Teknologi Smart Hybrid Vehicle yang diusung dinilai cocok dengan infrastruktur pengisian listrik (EV Charging) yang belum merata di berbagai daerah.

Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Harold Donnel, menjelaskan bahwa Grand Vitara Hybrid menawarkan efisiensi yang lebih baik dibandingkan mobil konvensional.

Pengurangan Emisi Karbon

Namun, fokus Suzuki bukan hanya pada efisiensi, melainkan juga pengurangan emisi karbon, selaras dengan kebijakan pemerintah yang menargetkan net zero emission hingga 2060.

"Mobil hybrid lebih efisien, terutama saat melewati jalanan macet. Namun, kami ingin memastikan bahwa saat mesin tidak digunakan, tidak ada emisi yang terbuang," ujar Harold dalam sebuah kesempatan di IIMS.

Dia mengungkapkan bahwa animo pengunjung untuk melihat langsung Grand Vitara sangat tinggi, terlihat dari banyaknya pengunjung yang mendatangi booth Suzuki.

Suzuki Grand Vitara hadir dengan platform dan teknologi baru serta desain, fitur, dan mesin yang berbeda dari generasi sebelumnya. Mobil ini dilengkapi dengan teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS). Sebagai sebuah SUV, Grand Vitara memiliki dimensi panjang 4.345 mm, lebar 1.795 mm, dan tinggi 1.645 mm, dengan wheelbase 2.600 mm dan ground clearance 210 mm.

Dapur pacunya menggunakan mesin 1.500 cc berkode K15C Dual Jet yang ramah lingkungan dan efisien berkat teknologi SHVS, yang mampu mengoptimalkan bahan bakar dan menekan emisi gas buang. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 103,06 PS pada 6.000 rpm dan torsi 136,8 Nm pada 4.400 rpm. Tenaga disalurkan melalui transmisi otomatis 6-speed yang dilengkapi paddle shift.

Sistem suspensi depan menggunakan MacPherson Strut dengan Coil Spring, sedangkan bagian belakang menggunakan Torsion Beam, memberikan kenyamanan dalam berkendara.

Editor : Syahrir Rasyid

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network