Teman Untuk Berkeluh Kesah Penting Bagi Perempuan Khususnya Yang Sudah Berumah Tangga

Erfan Erlin
Tempat berkeluh kesah atau sambat sangat penting bagi perempuan, terutama yang sudah berumah tangga. (Foto/Ilustrasi : Ist)

 YOGYAKARTA, iNewsSerpong.id - Rasa saling peduli memiliki pengaruh baik terhadap mental seseorang.

Dosen Program Studi Psikologi Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII) Qurrotul Uyun mengatakan, dalam kehidupan sosial, selain kerabat dan anggota keluarga, pihak yang biasanya selalu available atau tersedia untuk mendengarkan cerita adalah tetangga.

Tempat berkeluh kesah sangat penting bagi perempuan, terutama yang sudah berumah tangga. "Perempuan baik yang telah berumahtangga maupun memiliki anak sangat penting untuk punya teman bercerita, berkeluh kesah atau 'teman sambat'," kata dia, Selasa (22/3/2022).

Menurutnya teman sambat bagi perempuan punya peranan penting. Dan perempuan sebenarnya hanya butuh didengarkan, belum tentu dia membutuhkan solusi dari orang lain. Karena ketika rasa jengkelnya sudah berlebih, sudah tidak mungkin diselesaikan dengan cara curhat.

Perempuan lebih suka memendamnya dan berakhir menjadi luka batin. Padahal tidak jarang, orang punya emosi sangat meledak, bahkan dia tak menyadarinya. "Nah terkadang sampai logikanya terbalik dalam menghadapi sesuatu," ujar dia.

Editor : Syahrir Rasyid

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network