HIKMAH JUMAT : Syawal Bulan Peningkatan Dan Pembuktian Ketaqwaan

Penulis : Dr. Abidin, S.T., M.Si.
Pada bulan Syawal ummat Islam merayakan Idul Fitri sebagai hari kemenangan setelah sebulan penuh berjuang untuk mengalahkan berbagai godaan. (Foto : Ist)

Jika dikaitkan dengan bulan Ramadhan maka ayat ini memberikan gambaran bahwa selama bulan Ramadhan, banyak ummat Islam yang melatih dirinya dengan melaksanakan berbagai ibadah. Meningkatkan kuantitas dan kualitas ibadahnya.

Setiap jenis ibadah yang dilakukan selama bulan Ramadhan diibaratkan sebagai lembaran benang berwarna warni, yang awalnya tercerai berai, lemah dan berpisah. Kemudian dirajut sedemikian rupa sehingga menjadi kain yang kokoh dan indah yang disebut dengan taqwa.

Itulah kain yang terbaik untuk dijadikan sebagai pakaian, yang dikenal dengan pakaian taqwa. Hal ini ditegaskan oleh Allah SWT dalam Al Qur’an surat Al-A’raf ayat 26:

“Hai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakain indah untuk perhiasan. Dan pakaian taqwa itulah yang paling baik.”

Namun apa yang terjadi?

Setelah Ramadhan berlalu, perlahan-lahan kain yang sudah dirajut dengan kokoh di bulan Ramadhan pun mulai terurai benangnya satu per satu. Banyak ummat Islam yang mulai meninggalkan kebiasaan tadarus, qiyamul lail, shadaqah, dan amal-amal shalih lainnya.

Tanpa disadari, ummat Islam justru mengalami penurunan gairah beribadahnya dimulai pada bulan Syawal. Bulan Syawal yang harusnya menjadi bulan peningkatan ibadah, justru yang terjadi adalah sebaliknya.

Pakaian taqwa yang sudah terajut dengan kuat dan indah, perlahan mulai lepas rajutan benangnya satu per satu. Awalnya lepas satu benang, dan pada gilirannya bisa saja kain taqwa tersebut menjadi rusak, tercerai berai kembali menjadi benang-benang yang lemah.

Tentu kondisi seperti di atas bukanlah kondisi yang diharapkan oleh siapa pun. Idealnya setelah sebulan penuh aktivitas ibadah ditempa di bulan Ramadhan, maka pada bulan Syawal ini harus sudah menjadi kebiasaan, bahkan terjadi peningkatan kuantitas maupun kualitas ibadahnya.

Editor : Syahrir Rasyid

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network