Buya Syafii Dimakaman Di Kompleks Makam Muhammadiyah Kulonprogo

Erfan Erlin
Sejumlah tokoh menghadiri pemakaman Buya Syafii Maarif di Taman Makam Husnul Khotimah Muhammadiyah Kulonprogo. (Foto: inews.id/Kuntadi)

KULONPROGO, iNews.Serpong.id - Jenazah mantan ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Buya Ahmad Syafii Maarif dimakamkan di kompleks makam Muhammadiyah Husnul Khotimah Nanggulan Kulonprogo, Jumat (27/5/2022) sore. Kompleks pemakaman ini baru beberapa bulan diresmikan. Ada 27 jenazah yang dimakamkan, termasuk Buya Syafii. 

Iring-iringan 20 mobil tiba di kompleks pemakaman sekitar pukul 16.05 WIB. Paling depan mobil patwal polisi disusul ambulans yang membawa jenazah diikuti mobil keluarga, kemudian mobil Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Natsit. 

Jenazah langsung dibawa oleh sejumlah anggota Kokam menuju ke liang ĺahat yang telah disiapkan. Sekitar 10 menit kemudian proses pemakaman selesai dan dilanjutkan tabur bunga di pusara. 

Tampak hadir Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy. “Beliau itu mampu menghilangkan sekat-sekat perbedaan. Ini yang sulit ditiru,” kata Muhadjir.

Hadir juga Ketum PP Muhammadiyah Haedar Nasir dan mantan Bupati Kulonprogo Sutedjo. Mantan Ketua Umum PP Dien Syamsudin tiba setelah proses pemakaman usai.  

Perwakilan keluarga dan Ketua Pelayanan Rukthi Jenazah Makam Husnul Khotimah Umar Said Prawoto mengaku sangat berduka atas kepergian Sang Guru. Ia mewakili keluarga berterimakasih kepada semua yang hadir dan meminta doa agar almarhum husnul khotimah. "Kami sebagai wakil keluarga memohonkan maaf jika beliau ada salah tutur kata ataupun perbuatan selama hidup," ujarnya. (*)

Editor : Burhan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network