get app
inews
Aa Read Next : Usai Singkirkan Negara Sendiri di Piala Asia U-23 2024, Perasaan Shin Tae-yong Campur Aduk

Profil Haji Nawi, Tuan Tanah Di Gandaria Jaksel Yang Diabadikan Jadi Nama Stasiun MRT

Selasa, 05 Juli 2022 | 07:44 WIB
header img
Nama Haji Nawi diabadikan menjadi nama Stasiun MRT di Cilandak, Jakarta Selatan. Foto/Istimewa

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Haji Nawi selama ini terkenal sebagai nama sebuah jalan di Cilandak, Jakarta Selatan. Nama ini juga digunakan sebagai nama stasiun MRT di wilayah tersebut.

Satu hal yang menjadi pertanyaan adalah, siapakah Haji Nawi hingga namanya diabadikan sebagai nama jalan? Berikut penjelasannya.

Berbagai sumber menyebut, Haji Nawi adalah seorang tuan tanah kaya raya asal Gandaria, Jakarta Selatan.

Bahkan, namanya sangat terkenal sebagai orang paling kaya di wilayah tersebut. Lahir di Jakarta (kala itu bernama Batavia) pada 1877, Haji Nawi dikenal sebagai pribadi yang murah hati dan amat bijaksana.

Meskipun lahir dan besar di Jakarta, namun ia disebut memiliki darah Cirebon dari sang kakek. Haji Nawi memiliki 7 orang anak dari 4 pernikahannya.

Semasa hidup, Haji Nawi kerap terlihat mengontrol tanahnya yang tersebar di kampung-kampung dengan menggunakan kuda putih kesayangannya.

Sebab, di zaman itu belum ada kendaraan yang bisa ia gunakan. Kemahirannya dalam berkuda ia pelajari langsung dari sang juru tulis, Haji Jadit.

Pada 1934, Haji Nawi wafat dan banyak meninggalkan hal baik. Termasuk kenangan masyarakat sekitar tentang kedermawanannya.

Makamnya berada di Masjid Nurul Huda, Gandaria yang diwakafkan oleh pihak keluarga. Kompleks pemakamannya dikenal dengan Bek Jahran.

Pemerintah DKI Jakarta mengenang sosok beliau dengan mendirikan stasiun MRT sesuai namanya. Melansir laman resmi MRT Jakarta, stasiun ini sarat dengan desain khas Betawi, seperti kaca penyekat dengan pola gigi baleng.

Fasilitas yang disediakan di Stasiun MRT Haji Nawi ini juga cukup lengkap, mulai dari ATM, lift, eskalator, hingga toko serbaada. (*)

Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com pada Senin, 04 Juli 2022 - 09:27 WIB oleh Ajeng Wirachmi - Litbang MPI dengan judul "Profil Haji Nawi, Tuan Tanah di Gandaria Jaksel yang Diabadikan Jadi Nama Stasiun MRT". Untuk selengkapnya kunjungi:
https://metro.sindonews.com/read/816559/173/profil-haji-nawi-tuan-tanah-di-gandaria-jaksel-yang-diabadikan-jadi-nama-stasiun-mrt-1656900424

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut