get app
inews
Aa Read Next : Maesyal Rasyid Berkomitmen Beri Tambahan Modal Peternak Ikan Air Tawar di Gandaria Mekar Baru

Apakah Lele Mengandung Kolesterol? Cek Faktanya!

Senin, 18 Juli 2022 | 08:11 WIB
header img
Apakah Lele Mengandung Kolesterol (Foto: Sindonews)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Apakah lele mengandung kolesterol? Ikan lele merupakan salah satu ikan favorit masyarakat Indonesia. Selain karena rasanya yang nikmat, ikan lele juga mudah ditemukan serta memiliki harga yang terjangkau.

Sama seperti ikan lainnya, ikan lele juga memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik tubuh. Lantas, apakah ikan lele mengandung kolesterol? Simak penjelasannya berikut ini.

Kolesterol merupakan salah satu jenis lemak yang ada dalam tubuh. Kolesterol ini sangat dibutuhkan oleh tubuh. Namun, kolesterol juga mampu menyebabkan masalah kesehatan jika kadarnya terlalu tinggi.

Lemak ini secara alami diproduksi oleh organ hati. Selain itu, bisa juga ditemukan dalam makanan yang berasal dari hewan, termasuk ikan lele.

Dikutip dari Celebrities.id, Dr Arikawe Adeolu seorang praktisi medis di Pusat Medis Federal, Jabi, Abuja, menyebutkan bahwa ikan lele mengandung kolesterol yang sangat tinggi. Selain itu, ikan ini juga mengandung asam lemak omega-6 yang dapat meningkatkan tingkat peradangan dalam tubuh.

Peradangan inilah yang menyebabkan penyakit kardiovaskuler, kanker tertentu serta diabetes. Kardiovaskular sendiri terjadi karena adanya gangguan pada jantung dan pembuluh darah. Contoh penyakit kardiovaskuler adalah penyakit jantung dan stroke. 

Untuk itu, menurut Adeolu, penting mengkonsumsi ikan lele dalam jumlah yang pas untuk mencegah komplikasi kesehatan.
Kandungan lain dalam ikan lele adalah asam lemak omega 3 yang dapat mengurangi kadar lemak jahat dalam tubuh.

Tak hanya itu, omega 3 juga bermanfaat untuk melindungi sistem kardiovaskular serta mampu mengurangi jumlah zat inflamasi dalam tubuh. 

“Lele kaya akan dua asam lemak asam lemak omega 3 dan asam lemak omega 6. Asam lemak omega-3 membantu mengurangi konsentrasi kolesterol jahat dalam aliran darah dan meningkatkan konsentrasi kolesterol baik dalam aliran darah,” kata Adeolu.

Sayangnya, jumlah omega 3 dalam ikan lele lebih sedikit dibanding dengan omega 6. Hal ini menyebabkan banyak laporan menyarankan untuk tidak mengkonsumsi ikan lele.

“ Meski mengandung asam lemak omega 3, yang memiliki banyak manfaat kesehatan, tetapi ini (ikan lele) mengandung lebih banyak asam lemak omega 6. Asam lemak omega 6 bersifat proinflamasi  yang dapat meningkatkan tingkat peradangan di dalam tubuh dan membuat seseorang lebih rentan terhadap segala jenis penyakit,” jelas Adeolu.

Meski begitu, ikan lele juga memiliki kelebihan dibandingkan ikan lainnya. Ikan lele memiliki kandungan protein tinggi yang berguna untuk meningkatkan sistem imunitas. Ikan lele juga memiliki kandungan vitamin B12 yang akan membantu tubuh dalam pembuatan DNA, membentuk sel darah merah, dan memberi makan sel saraf.

Nah, itulah informasi mengenai kandungan dalam ikan lele yang perlu kamu ketahui. (*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut