get app
inews
Aa Read Next : Bersama 5 Tokoh Dunia, Megawati Akan Bertemu Paus Fransiskus di Vatikan

5 Tokoh Dunia yang Mampu Mengubah Dunia Meski Mengidap Autis : Salah Satunya Albert Einstein

Sabtu, 23 Juli 2022 | 13:22 WIB
header img
Tokoh Dunia yang Mengidap Autis, Namun Mampu Mengubah Dunia (Foto: Reuteurs)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Inilah sejumlah tokoh dunia yang mengidap autis, namun mampu mengubah dunia. Siapa saja mereka?
Autism spectrum disorder (ASD) atau autisme adalah kelainan perkembangan saraf yang menyebabkan gangguan perilaku dan interaksi sosial.

Orang yang mengidap autis cenderung akan kesulitan dalam bersosialisasi atau berkomunikasi dengan orang di sekitarnya. Hal ini kemudian membuat masyarakat memandang anak autisme sebagai anak yang tidak pintar dan tidak memiliki bakat.

Padahal kenyataannya, banyak anak dengan autisme yang punya IQ normal bahkan tinggi, dan bisa berprestasi di bidang yang mereka minati. 

Nyatanya orang-orang dengan latar belakang autis ini juga bisa tumbuh menjadi sukses, sama seperti yang terjadi pada deretan tokoh dunia berikut ini.

Tokoh Dunia yang Mengidap Autis, Namun Mampu Mengubah Dunia

1. Mozart

Wolfgang Amadeus Mozart merupakan salah satu legenda dalam bidang musik. Wolfgang termasuk tokoh dunia yang mengidap autis. Ia pernah menunjukkan beberapa gejala kelainan spektrum autisme termasuk ekspresi yang sama, gerakan tangan dan kaki yang terus menerus, perubahan suasana hati yang ekstrem, dan kepekaan terhadap suara keras.

Mozart juga memiliki pendengaran yang sangat sensitif, sehingga suara keras dan ramai seringkali mengganggunya bahkan bisa membuatnya sakit secara fisik.

Meski begitu, kondisi yang diidap oleh Mozart tersebut tidak menghalangi bakatnya. Kini, Mozart dikenal sebagai komposer hebat dunia yang menyusun lebih dari 600 karya selama hidupnya.

2. Lewis Carroll

Penulis buku anak-anak yang berjudul “Alice in Wonderland” ini juga ternyata menderita gangguan autisme. Lewis Carroll dikenal tidak mampu berkomunikasi secara baik saat berinteraksi dengan orang dewasa. Namun, ia mudah berinteraksi dengan anak-anak. 

Meski begitu, Carroll dikenal memiliki imajinasi yang sangat tinggi. Carroll juga menunjukkan kemampuan matematika yang hebat. Gejala-gejala inilah yang membuat para peneliti yakin bahwa penulis legendaris ini mengidap autisme.

3. Bill Gates

Bill Gates yang merupakan pendiri Microsoft juga diyakini merupakan pengidap autisme. Beberapa ahli melihat orang terkaya kelima di dunia ini memiliki gerakan yang khas ketika sedang berkonsentrasi, pola bicara yang pendek, monoton, dan kebiasaan menghindari kontak mata dengan orang lain. 

Itu semua adalah karakter umum dari penderita spektrum autisme.

4.  Albert Einstein 

Siapa yang tidak tahu ilmuwan hebat satu ini? Albert Einstein dikenal sebagai ilmuwan dan ahli matematika yang mengembangkan teori relativitas, E = MC2. 

Namun, siapa yang menyangka jika Einstein juga termasuk pengidap autisme. Saat masih kecil, Einstein mengalami sejumlah keterlambatan perkembangan dan dicap sebagai anak bodoh. 

Einstein mengalami keterlambatan bicara serta sering mengulang kalimat untuk dirinya sendiri.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut