get app
inews
Aa Read Next : Mudah dan Cepat, Cara Transfer ShopeePay ke GoPay

DANA, Dompet Digital Karya Anak Bangsa, Praktis Dan Keamanan Terjamin

Senin, 25 Juli 2022 | 07:26 WIB
header img
DANA adalah dompet digital karya anak bangsa. (Foto : entrepreneur.uai.ac.id)

iNewsSerpong.id – DANA salah satu dompet digital favorit masyarakat Indonesia. Lalu, siapa pemilik DANA? Tak sedikit orang yang penasaran siapa gerangan dibalik dompet digital itu.

DANA merupakan dompet digital yang didesain untuk membantu transaksi non tunai dan non kartu secara digital, baik online maupun offline. Dompet digital yang satu ini banyak dipilih karena dinilai praktis dan terjamin keamanannya. 

Sempat beredar rumor bahwa DANA merupakan platform milik China, namun rupanya dompet digital yang satu ini merupakan produk asli dari Indonesia. Lantas, siapa pemilik DANA Simak ulasan IDXChannel berikut ini!

Siapa Pemilik DANA? 

DANA merupakan dompet digital yang dikembangkan oleh perusahaan rintisan (startup) berbadan hukum yakni PT Espay Debit Indonesia Koe. Secara resmi, DANA diperkenalkan sebagai salah satu layanan pembayaran digital Indonesia pada 21 Maret 2018.

Dengan berbasis open-platform, seperti halnya Alipay dari China, DANA digadang-gadang menjadi solusi bagi kegiatan transaksi digital non-tunai, baik secara online maupun offline.

DANA dinahkodai oleh Vincent Henry Iswaratioso, Country Head Alipay Indonesia yang sebelumnya juga menjabat sebagai co-founder dari layanan payment digital INDOMOG. 

Adapun PT Espay Debit Indonesia Koe sendiri berada di bawah kepemilikan PT Elang Andalan Nusantara (EAN). Startup ini dikembangkan oleh para programer muda Indonesia. Investor utama dari perusahaan ini dalam mengembangkan DANA adalah PT Elang Sejahtera Mandiri dengan porsi kepemilikan mencapai 99 persen. 

Sebelum resmi diperkenalkan dengan nama DANA, ada rumor yang mengatakan bahwa startup ini merupakan perusahaan patungan antara Ant Financial (Alipay) dengan PT Elang Mahkota Teknologi (EMTEK). 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut