get app
inews
Aa Read Next : 46 Pati TNI AD Naik Pangkat jadi Brigjen dan Mayjen, Berikut Daftar Nama Lengkap

Jokowi Punya Alasan Matang Calonkan Jenderal Andika Sebagai Panglima TNI

Rabu, 03 November 2021 | 14:18 WIB
header img
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencalonkan KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai Panglima TNI. (Foto : dok iNews)

JAKARTA, iNews.id - Surat Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mengusulkan KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai Calon Panglima TNI, sudah diterima pimpinan DPR hari ini. Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengungkapkan Presiden Jokowi sudah mempertimbangkan dengan matang untuk  memilih Andika Perkasa sebagai pengganti Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI. 

"Syarat Panglima TNI itu kan harus kepala staf. Kepala stafnya kan sekarang ini kan TNI AU sudah Panglima. Jadi pilihannya AD dan AL, Pak Presiden sudah memilih angkatan darat," kata Pratikno usai jumpa pers di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (3/11/2021). 

Saat disinggung alasan kenapa Kepala Negara tak menunjuk KSAL Laksamana TNI Yudo Margono sebagai calon Panglima TNI, Praktino menyebut Presiden Jokowi memiliki pertimbangan yang matang dalam penunjukkannya. "Ya kan bisa nanti pada periode berikutnya," ujar dia. 

BACA JUGA: KSAD Jenderal Andika Perkasa Calon Panglima TNI, Komisi I DPR segera Gelar Fit and Proper Test  

Sebelumnya, Ketua DPR Puan Maharani secara resmi telah menerima surat presiden (Surpres) tentang Panglima TNI pada hari Rabu (3/11/2021). Dalam Surpres ini, Puan menegaskan bahwa Kepala Negara hanya mengirim satu nama dalam Supres tersebut. (*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut