get app
inews
Aa Read Next : Tower Bersama (TBIG) Rampungkan Buyback Saham Rp882,59 Miliar

Tunas Ridean (TURI) Akan Delisting, Perseroan Tawarkan Buyback Saham

Senin, 01 Agustus 2022 | 15:44 WIB
header img
Bersiap Hengkang, Tunas Ridean (TURI) Tawarkan Buyback Saham (Foto: MNC Media)

JAKARTA,iNewsSerpong.id – Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan PT Tunas Ridean Tbk (TURI)menyetujui penghapusan pencatatan saham (delisting).

Dengan begitu status perseroan dari perusahaan terbuka menjadi perusahaan tertutup.

Sehubungan dengan rencana go private tersebut, perseroan akan melakukan pembelian kembali (buyback) atas saham perseroan yang dimiliki oleh masyarakat.

Jumlah saham yang dimiliki oleh pemegang saham publik atau masyarakat saat ini relatif kecil, yakni kurang dari 7,52% dari modal ditempatkan perseroan, dengan jumlah pemegang saham publik kurang lebih 356 pemegang saham.

"Sehubungan dengan besaran Harga Penawaran Pembelian kembali sebesar Rp1.700 per saham, maka alokasi dana yang akan digunakan untuk membiayai pembiayaan kembali saham adalah sebanyak-banyaknya sebesar Rp713,969 juta," Sekretaris Perusahaan TURI, Dewi Yunita dalam keterbukaan informasi BEI, Senin (1/8/2022).

Saham TURI tersebut tidak secara aktif diperdagangkan dan relatif tidak likuid. Oleh karena itu, perseroan mengajukan rencana delisting melalui pembelian kembali saham.

Harga penawaran tersebut 22,24% lebih tinggi dari harga rata-rata dari harga tertinggi perdagangan harian BEI dalam jangka waktu 90 hari terakhir sebelum pengumuman RUPS 3 Juni 2022, yaitu Rp 1.390 per saham.

Jumlah dana yang akan digunakan pada pembelian kembali saham adalah sebesar Rp 713,97 miliar yang berasal dari dana kas internal sebesar Rp 313,97 miliar dan dana eksternal berupa fasilitas bank sebesar Rp 400 miliar.

Perkiraan periode pembelian kembali saham akan dimulai pada 2 Agustus 2022 pukul 09.00 WIB dan ditutup pada 2 September 2022 pukul 15.00 WIB.

Pembelian kembali saham akan dilakukan melalui perdagangan di BEI. Transaksi di BEI kan dilakukan oleh PT Bahana Sekuritas sebagai perantara efek yang ditunjuk oleh perseroan dalam rangka pelaksanaan transaksi pembelian kembali saham.

Pemegang saham mayoritas perseroan saat ini adalah Jardine Cycle & Carriage Ltd dan PT Tunas Andalan Pratama dengan kepemilikan masing-masing 46,24%. Sisanya sekitar 7,52% dimiliki oleh publik.

 

Editor : A.R Bacho

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut