get app
inews
Aa Read Next : Bisa Lihat Gua Lava Purba, 6 Desa di Purbalingga Sayang Dilewatkan

Resmi, Bandara Pondok Cabe Layani Penerbangan ke Blora dan Purbalingga Hari Ini

Sabtu, 06 Agustus 2022 | 10:59 WIB
header img
Peresmian pembukaan layanan komersial bandara Pondok Cabe (foto: MPI)

TANGERANG SELATAN, iNewsSerpong.id - Penerbangan rute Bandara Pondok Cabe ke Blora dan Purbalingga, Jawa Tengah diresmikan, Jumat (5/8/2022) ini. Dengan rute baru komersial ini, penumpang pesawat mendapat tambahan pilihan rute ke Jateng.

Rute penerbangan ke Jateng sebelumnya hanya mempunyai 3 pilihan yakni Semarang, Solo dan Yogyakarta. Ketua MPR Bambang Soesatyo yang hadir dalam peresmian juga menyebut rute baru ini mempemudah pebisnis dari Jakarta ke Jateng dan sebaliknya.

"Sekarang ada penerbangan (Pondok Cabe), mempermudah jalur daripada kawan-kawan dari Jakarta maupun pebisnis di Purbalingga, Kebumen, Blora, maupun Pati atau sebaliknya," kata Bamsoet.

Pada penerbangan sebelumnya, penumpang masih harus menempuh perjalanan lagi sekira 2 hingga 3 jam untuk tiba di Purbalingga, Banjarnegara, maupun Kebumen dari bandara yang sudah ada di Jateng. Dengan rute terbaru, penumpang bisa lebih mempersingkat waktu karena langsung mendarat di daerah tujuan.

"Sementara dari Jakarta ke Bandara Soekarno-Hatta juga (sudah) 1 jam, jadi (total) 4 jam," ujar Bamsoet.

Begitu pula jika dibandingkan dengan moda transportasi darat melalui jalur kereta, penumpang bisa menghabiskan waktu selama 6 hingga 7 jam perjalanan menuju Jateng.

"Bisa turun di Purwokerto, maupun di Kebumen, Jogja atau Solo. Semuanya serba jauh," kata Bamsoet.

Pada tahap awal pembukaan rute ini, maskapai Wings Air akan melakukan penerbangan satu kali dalam seminggu. Wings Air akan melayani rute penerbangan Pondok Cabe (PCB) tujuan Purbalingga (PWL) pada pukul 08.20 WIB dan tiba pukul 09.30 WIB. Lalu sebaliknya penerbangan dari Purbalingga tujuan Pondok Cabe pukul 09.50 WIB dan tiba pukul 11.00 WIB.

Wings Air juga melayani penerbangan rute Pondok Cabe (PCB) ke Cepu Blora (CPF) pada pukul 11.20 WIB dan tiba pukul 12.55 WIB. Sebaliknya, penerbangan dari Cepu Blora ke Pondok Cabe dilakukan pukul 13.15 dan tiba pukul 14.45 WIB.

"Wings Air optimistis operasional dan layanan penerbangan dari dan ke destinasi baru tersebut akan mendukung kelancaran transportasi udara serta berkontribusi terhadap pergerakan perekonomian," kata Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro. (*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut