Pada motor hybrid ini menggunakan mesin tipe parallel-twin yang masih dilengkapi dengan sistem pembuangan, namun dengan cover mesin yang sedikit berbeda di sisi kiri dan kanannya. Belum ada informasi mengenai perpindahan mesin pada model hybrid ini, namun kemungkinan besar akan menggunakan pulsa perpindahan yang besar berdasarkan penggunaan rem cakram kembar di bagian depan.
Ada juga komponen yang dipinjam dari Ninja 650 seperti garpu depan, spatbor depan bahkan kaliper rem. Selain bagian muka depan yang menampilkan elemen desain khas Kawasaki (dan lampu depan berwarna hijau), bagian belakang tampak penuh dengan sistem baterai 48 volt yang digunakan untuk sistem hybrid mesin ini. Baterai 12 volt lain yang lebih kecil didedikasikan untuk sistem kelistrikan konvensional sepeda motor.
Sistem hibrid alat berat ini dilengkapi dengan motor listrik yang dipasang di atas transmisi, dan terhubung ke girboks semi-otomatis melalui kopling yang dikontrol secara elektronik. Hal ini memungkinkan mesin hybrid kawasaki ini dapat dikendarai dengan menggunakan tenaga listrik saja, terutama di area zero emission, atau menggunakan tenaga mesin dan kopling motor listrik saat dibutuhkan, tanpa perlu pengoperasian kopling manual seperti biasa pada mesin Kawasaki.
Secara teori, motor hybrid ini mampu menawarkan akselerasi dan top speed terbaik yang bisa menandingi motor berkapasitas 650 cc, dan konsumsi bahan bakar yang jauh lebih baik daripada motor konvensional 400 cc. Kawasaki diperkirakan akan meluncurkan dua model sepeda motor listrik dengan performa setara dengan model berkapasitas 125 cc untuk pasar Amerika pada tahun 2023.(*)
Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com pada oleh dengan judul "Sinyal Kawasaki Siap Meluncurkan Motor Hybrid Semakin Kuat". Untuk selengkapnya kunjungi:
https://otomotif.sindonews.com/read/859433/121/sinyal-kawasaki-siap-meluncurkan-motor-hybrid-semakin-kuat-1660795686?showpage=all
Untuk membaca berita lebih mudah, nyaman, dan tanpa banyak iklan, silahkan download aplikasi SINDOnews.
- Android: https://sin.do/u/android
- iOS: https://sin.do/u/ios
Editor : A.R Bacho