get app
inews
Aa Read Next : Perkuat Timnas Indonesia, PSSI Disinyalir Bayar Pemain Naturalisasi, Benarkah?

5 Pemain Indonesia Skuad Timnas Hindia Belanda di Piala Dunia: No 4 Pria Minang Gelandang Pekerja Ke

Kamis, 11 November 2021 | 15:28 WIB
header img
Indonesia tercatat pernah merasakan atmosfer Piala Dunia ketika masih bernama Hindia Belanda. Timnas Hindia Belanda bermain di Piala Dunia 1938 di Prancis. (foto: Twitter).

JAKARTA, iNews.id - Indonesia tercatat pernah merasakan atmosfer Piala Dunia ketika masih bernama Hindia Belanda. Timnas Hindia Belanda bermain di Piala Dunia 1938 di Prancis.

Para pemain yang didominasi pelajar dan mahasiswa dipilih oleh NIVU (federasi sepak bola Hindia Belanda). Meskipun pemain yang dipilih rata-rata adalah warga Belanda, namun ada beberapa warga pribumi yang juga terpilih untuk memperkuat Timnas Hindia Belanda.  

Berikut daftar nama pesepak bola pribumi di timnas Hindia Belanda.

1. Isaac Pattiwael 

Issac merupakan pemain timnas Hindia Belanda yang ikut memperkuat tim tersebut dalam ajang Piala Dunia tahun 1938 di Prancis. Pria Maluku ini lahir pada 23 Februari 1914. Dalam tim, Issac diketahui berposisi sebagai penyerang.  

Isaac pernah berkontribusi menyumbangkan satu gol ke gawang Hungaria. Namun, gol itu dianulir wasit. Kalah 0-6 dari Hungaria, membuat Isaac dan rekan-rekannya harus pulang ke kampung lebih cepat lantaran sistem kompetisi yang diusung saat itu adalah sistem gugur. 

Kepada anak dan cucu-cucunya, Isaac kerap menunjukkan foto saat dia berada di Prancis dan menceritakan pengalamannya membela Hindia Belanda. 

Kepada sang cucu, John Pattiwel, Isaac menyampaikan rasa haru dan bangganya. Sebab, dia bisa merasakan tampil di kompetisi sekaliber Piala Dunia dan mewakili Hindia Belanda, terutama bagi masyarakat Maluku. Isaac kemudian tutup usia pada tahun 1987, di usia 73 tahun.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut