get app
inews
Aa Read Next : Telkom Catatkan Kenaikan Laba hingga 18,34 Persen, Kantongi Laba Bersih Rp24,56 Triliun

Telkom Bantah Dugaan Kebocoran Data 26,7 Juta Pelanggan IndiHome

Selasa, 23 Agustus 2022 | 04:42 WIB
header img
PT Telkom Indonesia Tbk membantah adanya kebocoran data 26.730.000 pelanggang IndiHome.

JAKARTA,iNewsSerpong.id - Hasil investigasi manajemen PT Telkom Indonesia Tbk terkait dugaan bocornya data 26.730.000 data pelanggan IndiHome  tidak terbukti.

Hal ini disampaikan SVP Corporate Communication and Investor Relation Telkom Indonesia, Ahmad Reza menyebut proses investigasi dilakukan sejak Minggu hingga Senin pagi tadi. Hasilnya menyimpulkan bahwa data tersebut tidak mengandung ID IndiHome yang valid.

"Faktanya kita sudah melakukan investigasi dari sore dengan tadi pagi juga, pertama, tidak ada record yang mengandung ID Indihome yang valid," ungkap Reza saat konferensi pers di kawasan Telkom, Senin (22/8/2022). 

Pada minggu 21 Agustus 2022, lanjut Reza, ditemukan adanya dugaan kebocoran data pelanggan yang dijual di forum breached.to. Data yang dijual terdiri dari 26.730.000 dengan komposisi record dengan komposisi browsing history dan data pribadi. 

Namun, dari investigasi perusahaan mencatatkan tidak ada sistem di Telkom yang menyimpan browsing history dan data pribadi secara berdampingan.

Telkom juga tidak menggunakan email @telkom.net baik untuk kepentingan perusahaan maupun fitur atau layanan bagi pelanggan.

"Format @telkom.net ini digunakan telkom sebagai domain atau user ID indihome. Lalu tidak ada sistem di telkom yang menyimpan browsing history dan data pribadi secara berdampingan," kata dia. 

Sebelumnya, salah satu pengguna sosial media Twitter bernama Teguh Aprianto dengan akun @secgron menyebut setidaknya ada data 26 juta pelanggan IndiHome yang bocor

Melalui cuitannya, dia mengklaim bahwa sebanyak 26 juta browsing history milik pelanggan dicuri dan dibagikan secara gratis. Di dalamnya juga mencakup nama pelanggan, jenis kelamin, bahkan hingga NIK.

Editor : A.R Bacho

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut